5 Pola Makan untuk Cegah Obesitas dan Jaga Tubuh Tetap Sehat

ADVERTISEMENT

5 Pola Makan untuk Cegah Obesitas dan Jaga Tubuh Tetap Sehat

Diah Afrilian - detikFood
Kamis, 19 Agu 2021 06:00 WIB
ilustrasi obesitas
Foto: thinkstock

2. Jangan Sampai Tubuh Kelaparan

Seperti yang didiskusikan oleh para ahli, banyak sekali ditemukan pelaku diet yang frutasi. Walaupun telah menghabiskan waktu berjam-jam di atas treadmill dan memangkas asupan kalori, tetapi banyak dari mereka yang tak kunjung berhasil menurunkan berat badan.

Ternyata hal ini berkaitan dengan pola makan yang masih kurang tepat sehingga membuat metabolisme tidak bekerja dengan sempurna. Makan lebih sedikit tetapi lebih sering justru dikatakan oleh para ahli menjadi cara cerdas untuk membuat metabolisme tetap bekerja.

Saat metabolisme bekerja maka akan ada lemak tubuh yang terbakar sebagai energi yang digunakan untuk melangsungkan proses metabolisme. Sedangkan para pelaku diet banyak yang mengurangi waktu makan dan membuat metabolisme berhenti yang efeknya menyebabkan penumpukan
kalori dan tidak membakar sebagian cadangan lemak tubuh.

3. Konsumsi Makanan yang Bernutrisi dan Mengenyangkan

ilustrasi obesitasFoto: thinkstock

"Tumbuhan yang berkualitas tinggi adalah sesuatu yang disukai pelaku diet Mediterania, yang artinya meningkatkan konsumsi buah-buahan, sayur-sayuran, ikan dan minyak zaitun sementara mengurangi konsumsi daging merah, daging olahan hingga makanan olahan," kata Manson.

Menurut para ahli kesehatan, diet Mediterania menjadi pola diet yang paling baik karena mampu menyeimbangkan nutrisi antara hewani dan nabati. Pelaku diet Mediterania juga diketahui mendapatkan asupan nutrisi yang paling baik dibandingkan dengan jenis diet lainnya.

Fokus padaasupan nutrisi dan mengurangi makanan tinggi kalori menjadi cara terbaik untuk mencegah penumpukan kalori di dalam tubuh. Salah satu cara mencegah penumpukan kalori ini juga bisa dilakukan dengan mengonsumsi kacang-kacangan sebagai pengganti camilan sehingga asupan kalori tidak berlebih dan tubuh mendapatkan makanan yang lebih padat nutrisi.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT