Air Guraka, Minuman Jahe Merah Khas Maluku Utara untuk Perkuat Imunitas

Diah Afrilian - detikFood Selasa, 17 Agu 2021 09:30 WIB
Air Guraka, Minuman Jahe Merah Khas Maluku Utara untuk Perkuat Imunitas Foto: Istimewa
Jakarta -

Kaya akan rempah-rempah membuat Indonesia puya banyak racikan minuman kesehatan. Salah satunya air guraka khas Maluku Utara yang bisa perkuat imunitas.

Beragam jenis rempah yang tumbuh dengan subur di Indonesia membuat hampir semua wilayahnya memiliki racikan kesehatannya masing-masing. Racikan kesehatan ini bahkan telah dipercaya secara turun temurun untuk mencegah penyakit hingga mengatasi berbagai gangguan kesehatan.

Berbagai rempah seperti jahe, kunyit, gula merah dan beragam rempah-rempah lainnya biasanya akan dicampurkan menjadi minuman yang hangat berkhasiat. Di pulau Jawa minuman berkhasiat yang paling terkenal ada wedang jahe dan bandrek.

Air Guraka, Minuman Jahe Merah Khas Maluku Utara untuk Perkuat ImunitasAir Guraka, Minuman Jahe Merah Khas Maluku Utara untuk Perkuat Imunitas Foto: Istimewa

Wedang jahe dan bandrek merupakan racikan minuman yang terbuat dari berbagai campuran rempah dan dipercaya untuk menghangatkan badan serta
mengatasi berbagai gangguan kesehatan. Tidak hanya di pulau Jawa, minuman serupa ternyata juga ada di pulau lainnya di Indonesia.

Baca juga: 7 Manfaat Jahe Merah untuk Kesehatan

Di wilayah Maluku Utara ada racikan minuman yang terbuat dari jahe merah, gula merah, daun pandan serta kenari. Dikenal dengan nama air guraka, racikan minuman ini dapat menghangatkan tubuh saat cuaca dingin, meredakan sakit tenggorokan, hingga efeknya untuk memperkuat imunitas.

Pada tahun 2017, racikan minuman ini bahkan masuk sebagai salah satu nominasi dalam ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) untuk kategori minuman tradisional terpopuler. Di Maluku Utara sendiri, air guraka biasanya dinikmati bersama dengan pisang goreng dan dabu-dabu pada waktu sore menjelang malam terutama saat musim hujan.

Penggunaan jahe merah sebagai bahan dasar air guraka ini membuat khasiatnya begitu kaya untuk kesehatan. Khasiat jahe untuk kesehatan bahkan telah teruji secara klinis dan dimuat dalam jurnal US National Library of Medicine National Institute of Health.

Jahe yang memiliki sifat antiinflmasi dan antioksidatif bisa mengendalikan proses penuaan yang terjadi pada manusia. Sifatnya yang antioksidatif ini membuat jahe kerap dipercaya menjadi rempah yang harus dikonsumsi untuk membuat wajah dan tubuh terlihat awet muda.

Air Guraka, Minuman Jahe Merah Khas Maluku Utara untuk Perkuat ImunitasAir Guraka, Minuman Jahe Merah Khas Maluku Utara untuk Perkuat Imunitas Foto: Istimewa

Pada saat pandemi Covid-19 seperti sekarang, air guraka juga kerap dikonsumsi untuk menjaga daya tahan tubuh agar tetap kuat melawan virus yang menyerang. Kandungan vitamin C dan magnesium yang kaya pada jahe membuatnya ampuh untuk memperkuat sistem imunitas pada tubuh.

Selain itu, jahe juga memiliki kandungan gingerols, shogaols dan zingerones yang dapat berfungsi sebagai antioksidan bagi tubuh. Antioksidan ini kemudian akan bermanfaat untuk membantu menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh sehingga tidak memengaruhi imunitas.

Jika ingin merasakan khasiatnya, air guraka mudah dibuat di rumah. Caranya cukup siapkan air, jahe merah, gula merah, gula pasir dan serai. Pertama-tama bersihkan jahe merah dan geprek hingga pipih. Kemudian masukkan semua bahan ke dalam panci dan masak selama 20 menit dengan api sedang. Jika sudah, air guraka siap untuk disaring dan disajikan dalam gelas untuk menghangatkan dan menyehatkan tubuh.

Baca juga: Khasiat Sehat Minum Air Rebusan Jahe Saat Perut Kosong



Simak Video "Hangat dan Nikmat! Tak Heran Kembang Tahu di Sini Viral"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com