7 Manfaat Jahe Merah untuk Kesehatan

Lusiana Mustinda - detikFood Selasa, 03 Des 2019 10:30 WIB
Manfaat jahe merah. Foto: Muhammad Idris-detikFinance Manfaat jahe merah. Foto: Muhammad Idris-detikFinance
Jakarta - Jahe merah memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Rutin mengonsumsi jahe merah juga dapat meredakan nyeri dan meningkatkan kesehatan tubuh. Ini beberapa manfaat jahe merah yang perlu kamu tahu.

Jahe biasa dan jahe merah sudah dikenal ribuan tahu lalu sebagai rempah yang memiliki manfaat terutama untuk kesehatan tubuh. Tak hanya enak diolah menjadi jamu, rebusan air jahe juga bisa kamu nikmati.



Dirangkum detikHealth, berikut ini beberapa manfaat jahe merah untuk diet dan kesehatan:


1. Meredakan Mual

Jahe memiliki rasa yang sedikit pedas dengan wangi khas. Jahe merah dapat membantu meredakan mual. Minum air jahe juga bermanfaat untuk meredakan mual dan muntah.

Jahe juga bisa mengurangi efek mual yang diakibatkan dari efek samping operasi, kemoterapi dan kehamilan (morning sickness).


2. Meredakan Nyeri

Gingerol dan fenol merupakan senyawa kimia yang terkandung dalam jahe merah. Kandungan ini bersifat antinyeri yang bisa meredakan rasa sakit. Keduanya berkhasiat meredakan gejala iritasi lambung, meredakan kram perut karena menstruasi serta nyeri otot setelah berolahraga.


3. Mengurangi Peradangan

Manfaat jahe merah untuk diet juga bisa membantu mencegah dan mengurangi peradangan yang disebabkan oleh nyeri sendi osteoarthritis dan rematik.

Hal ini karena sejumlah komponen aktif dalam jahe merah seperti gingerol, gingedione dan zingeron bekerja menurunkan zat alami pemicu peradangan dalam tubuh. Selain itu, jahe juga mengandung oleoresin yang bekerja melawan peradangan.


Manfaat jahe merah untuk kesehatan.Manfaat jahe merah untuk kesehatan. Foto: iStock

4. Memperkuat Kekebalan Tubuh

Selain mencegah mual, manfaat jahe merah untuk ibu hamil juga dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh menjadi hal yang penting agar tubuh tetap fit.

Ekstrak jahe merah yang diseduh dengan air hangat atau dicampur dengan teh dapat mencegah dan membunuh bakteri berbahaya dalam tubuh sehingga sistem kekebalan tubuh akan meningkat.


5. Anti Aging Alami

Sering terpapar oleh radikal bebas membuat kulit terlihat lebih kusam. Jahe merah mengandung antioksidan yang sangat baik sehingga dapat berperan menjadi anti aging alami.

Kandungan antioksidannya dapat membantu menjaga kulit sehingga tampak lebih cantik dan sehat.


6. Mencegah Inflamasi Usus

Manfaat jahe merah untuk pria dan wanita ternyata sama-sama dapat mencegah inflamasi usus. Komponen aktif zingeron pada jahe merah yang dapat menghambat enzim yang memicu radang pencernaan.


7. Meningkatkan Kesuburan

Manfaat jahe merah untuk wanita berkaitan erat dengan reproduksi. Jahe merah mengandung L-arginine yang memiliki fungsi untuk melancarkan sirkulasi darah kita di dalam tubuh. Sehingga secara tidak langsung bisa membantu pasokan oksigen ke rahim dan ovarium sebagai tempat sel telur diproduksi.





Simak Video "Resep Tempe Mendoan"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)