ADVERTISEMENT

5 Makanan Ini Bikin Awet Muda Sekaligus Tingkatkan Imunitas

Diah Afrilian - detikFood
Selasa, 17 Agu 2021 05:00 WIB
menyimpan telur
Foto: Thinkstock

2. Ayam dan Sayuran Hijau

Dikenal tinggi protein, daging ayam juga memiliki komponen lain yang terkandung di dalamnya. Jika ditambahkan dengan sayuran hijau berdaun, para ahli mengatakan bahwa manfaat antiinflamasi dari triptofan ayam bisa menjadi lebih efektif.

Menurut Physician Committee for Responsible Medicine, ayam yang disajikan bersama dengan sayuran hijau berdaun merupakan dua kombinasi makanan yang tinggi triptofan. Daging ayam yang lebih matang bahkan dikatakan punya kandungan triptofan yang lebih tinggi dibandingkan yang tidak terlalu matang.

Tetapi keunikan justru terjadi pada daging kalkun. Daging ayam kalkun masih tidak terlalu matang justru dikatakan mengandung triptofan yang lebih tinggi dibandingkan daging ayam kalkun yang terlalu matang.

3. Telur

menyimpan telurFoto: Thinkstock

Ukuran telur yang kecil ternyata menyimpan manfaat dari kandungan nutrisinya yang begitu padat. Mulai dari protein, asam folat hingga triptofan yang juga sangat baik.

Sayangnya banyak orang yang mengonsumsi telur hanya bagian putihnya saja dan membuang bagian kuning telur. Nyatanya nutrisi pada sebuah telur justru terkandung dengan sangat kaya pada bagian kuning telur.

Mengonsumsi telur pada bagian putihnya saja memang dikatakan bagus untuk asupan protein. Tetapi menyisihkan kuning telur sama saja dengan menyisihkan berbagai vitamin, nutrisi dan mineral penting termasuk triptofan yang bekerja sebagai antiinflamasi.

4. Kacang dan Biji-Bijian

Kacang dan biji-bijian menjadi bahan makanan nabati yang kaya akan sumber triptofan. Jenis bahan makanan ini bisa menjadi alternatif bagi pelaku diet vegetarian ataupun vegan untuk tetap mendapatkan asupan triptofan untuk membentuk antiinflmasi yang baik di dalam tubuh.

Memiliki ukuran yang kecil tetapi manfaat dari kacang dan biji-bijian ini tidak bisa dikesampingkan. Bahkan kacang dan biji-bijian ini dinobatkan sebagai bahan makanan nabati dengan kandungan triptofan yang paling tinggi dibandingkan yang lainnya.

Untuk mendapatkan manfaat kacang dan biji-bijian yang efektif kamu bisa saja mengonsumsi sebagai camilan. Segenggam kacang dan biji-bijian yang dikonsumsi sebagai camilan terbukti ampuh untuk memperbaiki pola makan menjadi lebih sehat dan meningkatkanasupan triptofan alami.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT