Delima Disebut Buah Surga dalam Al-Quran, Ini 5 Manfaat Jusnya

Yenny Mustika Sari - detikFood Jumat, 13 Agu 2021 05:00 WIB
Delima Disebut Buah Surga dalam Al-Quran, Berikut Manfaat Jusnya Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Delima termasuk buah yang disebutkan dalam Al-Quran. Karena memiliki beragam nutrisi penting bagi tubuh. Bisa dibuat jus yang segar, simak manfaatnya!

Delima merupakan salah satu buah yang disebutkan dalam Al-Quran sebagai buah surga. Tercatat dalam Al-Quran surat Al-An'am ayat 99 dan 141 serta dalam surat Ar-Rahman ayat 68. Keistimewaan buah delima juga disebutkan dalam sebuah hadist.

"Tidaklah buah delima yang ada pada kalian sekarang ini, melainkan sebahagian daripada buah delima dari surga," HR. Al-Dzabi.

Disebut sebagai buah surga, karena delima mengandung beragam manfaat kesehatan. Mulai dari kaya akan zat antioksidan hingga bagus untuk kesehatan kulit.

Untuk merasakan manfaatnya, delima bisa langsung dikonsumsi. Kamu juga bisa mengolahnya menjadi jus yang menyegarkan.

Dilansir dari Pure Wow dan Everyday Health, berikut manfaat jus delima untuk kesehatan.

1. Kandungan Nutrisi Delima

Delima Disebut Buah Surga dalam Al-Quran, Berikut Manfaat JusnyaDelima Disebut Buah Surga dalam Al-Quran, Berikut Manfaat Jusnya Foto: Getty Images/iStockphoto

Beragam manfaat bisa didapatkan dari delima, karena buah ini menyimpan beragam nutrisi. Dilansir dari Everyday Health (7/7), dalam satu buah delima mengandung 72 kalori. Ada juga kandungan karbohidrat sebanyak 27 gram.

Delima juga memiliki kandungan gula alami sebanyak 89 gram. Buah ini juga mengandung serat tinggi sebanyak 5 gram. Ada juga kandungan potasium, dan vitamin C serta vitamin K yang dapat membantu dalam menjaga imunitas.

2. Kaya Antioksidan

Delima Disebut Buah Surga dalam Al-Quran, Berikut Manfaat JusnyaDelima Disebut Buah Surga dalam Al-Quran, Berikut Manfaat Jusnya Foto: Getty Images/iStockphoto

Delima mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Seperti diketahui kalau vitamin C dapat berperan sebagai zat antioksidan yang menjaga kebugaran tubuh. Kamu bisa mengolah delima menjadi jus dan konsumsi secara rutin.

Di tengah pandemi Covid-19, kebugaran tubuh sangat perlu diperhatikan. Agar sistem imunitas tetap stabil sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit dari virus maupun bakteri.

Selain vitamin C, delima juga mengandung polifenol yang juga berperan sebagai zat antioksidan. Kandungan ini berperan dalam melawan peradangan pada tubuh.

Baca Juga: 5 Sayuran Ini Bantu Sehatkan Pernapasan dan Redakan Asma

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Segarnya Jus Delima, Pas untuk Buka Puasa"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com