5 Buah dan Sayur Tinggi Vitamin E yang Enak Ini Bisa Perkuat Imun Tubuh

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 12 Agu 2021 07:00 WIB
Pangeran Philip Bagikan Cara Terbaik Kupas Mangga, Contek Yuk! Foto: iStock
Jakarta -

Salah satu fungsi vitamin E adalah menguatkan imunitas tubuh. Kamu bisa mendapatkan vitamin E dari lima buah dan sayur enak ini.

Vitamin E identik sebagai vitamin kulit dan kecantikan, namun selain itu vitamin E juga berperan meningkatkan imunitas tubuh.

Vitamin E mengandung antioksidan yang salah satu fungsinya melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan. Mengenai kebutuhannya, pria dan wanita dewasa membutuhkan 15 mg vitamin E per hari.

Asupan vitamin E bisa didapat melalui suplemen atau dari makanan yang secara alami mengandung vitamin E. Salah satunya kelompok buah dan sayur yang enak ini.

Mendapatkannya mudah dan mengolahnya pun bisa menjadi beragam hidangan. Berikut lima buah dan sayur tinggi vitamin E:

1. Bayam

Manfaat Bayam Bagi KesehatanFoto: Getty Images/iStockphoto

Bayam adalah sayuran hijau dengan sejuta manfaat sehat. Untuk vitamin E, tiap 100 gram bayam mengandung sekitar 2.1 mg. Jumlah ini bisa memenuhi 14% kebutuhan harian akan vitamin E.

Bayam bisa diolah dengan beragam cara, seperti dijadikan isian salad, dibuat lalapan, atau dimasak sebagai sayur bening. Namun pastikan tidak memasak bayam terlalu lama agar nutrisinya tidak hilang.

Sayuran hijau ini mudah didapat di Indonesia. Harganya pun tak bikin kantong bolong. Selain bayam, sayuran hijau lain yang kaya vitamin E adalah lobak hijau, bit hijau, dan daun Swiss chard.

2. Brokoli

Manfaat Sehat Brokoli untuk TubuhFoto: Getty Images/iStockphoto

Sayuran tinggi vitamin E selanjutnya adalah brokoli. Di balik teksturnya yang renyah segar, brokoli mengandung 1.5 mg vitamin E dalam tiap 100 gramnya. Artinya, konsumsi 100 gram brokoli memenuhi 10% kebutuhan harian akan vitamin E.

Brokoli bisa kamu dapatkan di supermarket, pasar, dan tukang sayur sekalipun. Nutrisi lain dari brokoli adalah vitamin C yang juga punya peran meningkatkan imunitas tubuh.

Kamu bisa mengolah brokoli dengan cara sehat. Misalnya direbus dengan cepat (blansir), dikukus, atau ditumis bersama sayuran lain dan sumber protein.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Unik! Sego Dakon dengan Aneka Lauk di Atas Congklak"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com