Cara Mengembalikan Indra Penciuman dengan Jeruk Gosong Viral, Apa Efektif?

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 10 Agu 2021 19:30 WIB
Cara Mengembalikan Indra Penciuman dengan Jeruk Gosong Viral, Apa Efektif? Foto: Getty Images/iStockphoto/stefanamer
Jakarta -

Cara mengembalikan indra penciuman bisa menggunakan makanan. Salah satu yang viral di media sosial adalah trik cium jeruk gosong. Apakah cara ini efektif?

Beragam metode alami dicoba penyintas Covid-19 untuk mengembalikan indra penciuman dan indra perasa yang hilang. Pasalnya dua gejala ini sering dialami mereka yang terpapar virus Corona.

Pakar kesehatan menyebut beberapa makanan bisa dimanfaatkan sebagai cara mengembalikan indra penciuman. Salah satunya lemon yang rasa asamnya bantu mengaktifkan reseptor penciuman dan pengecapan.

Lalu ada jahe yang bersifat antiinflamasi. Cara mengembalikan indra penciuman dengan jahe mudah, cukup iris jahe lalu kunyah perlahan. Cara lainnya adalah meracik jahe sebagai teh atau wedang.

Di media sosial juga ramai 'hack' jeruk gosong untuk mengembalikan indra penciuman dan indra perasa yang hilang. Netizen TikTok menyebutnya sebagai "obat Jamaica".

Cara Mengembalikan Indra Penciuman dengan Jeruk Gosong Viral, Apa Efektif?Cara Mengembalikan Indra Penciuman dengan Jeruk Gosong Viral, Apa Efektif? Foto: TikTok madisontaylorn

Caranya mudah, kamu hanya perlu membakar jeruk di atas kompor sampai kulitnya gosong. Setelah itu, angkat dan kupas jeruk.

Ambil daging buahnya dan makan seperti biasa. Kamu juga bisa menambahkan gula merah/brown sugar supaya lebih enak.

Beberapa netizen menyebut cara ini ampuh mengembalikan indra penciuman dan perasa mereka, namun ada juga netizen yang tidak berhasil saat mencobanya.

Lantas bagaimana faktanya?

Mengutip Prevention (10/8), dokter tidak sepenuhnya yakin dengan cara ini. Dokter Richard Watkins mengatakan, "Trik ini belum diteliti dan hasil positif belum direplikasi oleh para peneliti. Jadi, dari sudut pandang ilmiah, saya ragu dengan efektivitasnya."

Pakar kesehatan lain juga mengatakan sulit melihat teori ilmiah di balik keberhasilan trik jeruk gosong sebagai cara mengembalikan indra penciuman dan perasa.

"Tidak ada hal yang kami ketahui untuk menjelaskan mengapa ini disebut menjadi solusi yang baik," kata Iahn Gonsenhauser dari Ohio State University Wexner Medical Center.

Adapun untuk mendapatkan kembali indra perasa, seharusnya didahulukan dengan indra penciuman yang pulih. Artinya, kecil kemungkinan untuk seseorang kembali mendapatkan indra perasanya hanya dengan konsumsi makanan bercita rasa kuat, seperti asam dari jeruk ini.

Karenanya Stanley H. Weiss dari Rutgers New Jersey Medical School mengatakan orang yang berhasil mendapatkan indra perasanya dengan 'hack' jeruk gosong ini mungkin sudah mengalami pemulihan indra penciumannya lebih dulu.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Bikin Laper: Cobain Rawon Malang Kesukaan SBY Yuk!"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com