Tips Hirup Aroma Kopi untuk Cek Gejala Covid-19, Ini Kata Ahli

Diah Afrilian - detikFood Minggu, 25 Jul 2021 06:00 WIB
lebih baik biji kopi atau kopi bubuk Foto: iStock
Jakarta -

Kehilangan indra penciuman jadi salah satu gejala Covid-19. Menghirup aroma kopi dikatakan mampu mengecek kesehatan indra penciuman. Begini kata ahli.

Kehilangan indra penciuman atau anosmia menjadi gejala yang paling banyak dirasakan oleh penyintas Covid-19. Mulai dari tidak bisa mencium aroma hingga kehilangan indra perasa pada lidahnya menjadi gejala awal yang dirasakan oleh hampir seluruh penyintas Covid-19.

Kehilangan indra penciuman membuat banyak orang begitu khawatir bahkan hingga menimbulkan kepanikan. Berbagai cara dilakukan oleh masyarakat untuk mengatasi hilangnya indra penciuman yang tiba-tiba dirasakan.

Namun sebuah penjelasan ahli seperti membawa angin segar. Menghirup aroma kopi dikatakan bisa bantu memeriksa gejala Covid-19. Benarkah begitu?

Baca juga: 4 Tips Mengembalikan Indra Penciuman Hilang Saat Isoman

Kopi Bubuk KecoaFoto: Istimewa

Dilansir melalui Delish, banyak ahli yang sangat menyarankan untuk memeriksa indra penciuman di pagi hari setelah bangun tidur. Professor dari bagian Pengembangan, Molekular dan Kimia Biologi di Tuft University School of Medicine James Schwob mengatakan bahwa menghirup aroma kopi di pagi hari menjadi cara termudah untuk mendeteksi gejala Covid-19.

Setelah bangun tidur disarankan untuk mengambil sebagian bubuk kopi untuk kemudian dihirup dalam-dalam aromanya. Jika indra penciuman masih normal, maka aroma kopi masih akan dapat tercium dengan kuat dan baik.

"Salah satu hal yang bisa dengan mudah dilakukan oleh seseorang adalah mengambil sebagian bubuk kopi dan melihat seberapa lama kamu bisa menarik nafas dan merasakan aromanya," tulis peneliti dalam jurnal publikasi penelitian.

Jika tidak ada bubuk kopi bisa juga menggunakan shampo. Menghirup aroma shampo setelah bangun tidur dapat mendeteksi gangguan hidung jika hidung mengalami penyumbatan atau kehilangan kemampuannya untuk mencium aroma.

Manfaat bubuk kopi instanFoto: iStock

Penn State selaku ahli yang terlibat dalam penelitian ini juga menyarankan untuk mencoba menghirup benda-benda lainnya. Mulai dari kopi, rempah, bunga dan aroma-aroma lain sebagai cara cepat untuk mendeteksi gejala gangguan pernapasan.

Tips ini bahkan sempat viral di TikTok saat orang-orang mencoba untuk menghirup secangkir kopi kemudian meminumnya untuk memeriksa indra penciuman dan perasa mereka. Tetapi cara ini juga tidak bisa diartikan sepenuhnya sebagai pemeriksaan terhadap infeksi Covid-19.

Menurut ahli juga, kehilangan indra penciuman dan perasa belum sepenuhnya mengartikan bahwa seseorang terinfeksi Covid-19. Banyak orang yang juga mengalami anosmia atau kehilangan indra penciuman ini tetapi mereka tidak terinfeksi Covid-19.

Tetapi jika kamu mulai merasakan kehilangan untuk mencium aroma dan mencicipi rasa sebaikan lakukan pemeriksaan medis untuk memastikannya. Menggunakan masker untuk menghindari penyebaran virus dan melakukan isolasi mandiri bisa menjadi langkah antisipasi awal sebelum ada hasil medis yang resmi.

Baca juga: 7 Makanan Mengandung Antivirus Alami yang Bantu Sembuhkan Anosmia



Simak Video "Cukup Bayar Rp 2.000, Bisa Makan Sepuasnya di Warung Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com