5 Bahan Alami untuk Redakan Batuk Anak, Pakai Madu dan Jahe

Diah Afrilian - detikFood Selasa, 10 Agu 2021 07:00 WIB
fresh Ginger root and slice isolated on white background with copy space for your text. Top view. Flat lay. Foto: Istimewa
Jakarta -

Gejala batuk perlu diwaspadai pada saat pandemi Covid-19, termasuk pada anak-anak. Berikut 5 bahan alami untuk redakan batuk anak.

Hampir sebagian besar pasien Covid-19 mengeluhkan adanya gejala batuk. Coronavirus yang menyerang saluran pernapasan tentunya sangat mungkin untuk menimbulkan batuk akibat penyumbatan maupun gangguan lain dalam pernapasan.

Bukan hanya melalui hidung, saat batuk virus dapat menyebar dari tenggorokan ke area rongga mulut. Mulai dari batuk ringan hingga batu berat yang dapat menyebabkan sesak nafas perlu diwaspadai karena bisa saja menjadi gejala awal jangkitan coronavirus.

Selain obat, ternyata beberapa bahan alami disebut pakar ampuh meredakan batuk pada usia anak-anak hingga dewasa. Bahan-bahannya pun mudah didapat dan bahkan tersedia di hampir semua dapur rumah.

Berikut ini 5 bahan alami untuk meredakan batuk pada anak dan dewasa menurut Healthline (7/8):

Ciri-ciri Madu PalsuFoto: Istimewa

1. Madu

Madu memiliki kandungan yang sudah lama dikenal ampuh untuk mengatasi berbagai keluhan kesehatan. Madu sering digunakan pada masalah yang terjadi di area tenggorokan seperti batu atau sakit tenggorokan.

Menurut penelitian, para ahli telah membuktikan bahwa madu alami yang dihasilkan oleh lebah menjadi obat yang paling efektif untuk atasi batuk. Melalui sebuah percobaan klinis sederhana, 1,5 sendok teh madu yang dikonsumsi sebelum tidur bisa membantu meredakan batuk.

Rasanya yang manis juga akan disukai oleh anak-anak. Selain itu madu juga bisa membantu memperbaiki kualitas tidur pada anak dan dewasa menjadi lebih baik dan semakin lelap.

Baca juga: 8 Makanan untuk Atasi Sakit Tenggorokan, Ada Sup Ayam hingga Pisang

2. Bumbu Dapur

Tidak hanya menambahkan rasa pada masakan, beberapa rempah dan bumbu dapur dianjurkan oleh ahli untuk rutin dikonsumsi. Manfaatnya bisa menjaga kesehatan tubuh dan mengatasi gejala-gejala gangguan kesehatan akibat terpapar virus.

Beberapa bumbu dapur seperti kunyit, lemon dan masih banyak lainnya dinilai punya efek yang ampuh untuk mengatasi gangguan terutama pada tenggorokan. Salah satunya kunyit yang punya komponen antiinflamasi ini dapat meredakan infeksi yang menimbulkan batuk baik pada saluran pernapasan maupun tenggorokan.

Kandungan asam dan vitamin yang ada pada lemon maupun jeruk nipis juga kerap dipercaya secara turun temurun untuk mengatasi gangguan kesehatan tenggorokan. Sesendok kecap dengan jeruk nipis bahkan selalu menjadi racikan andalan orang tua di masa lampau untuk mengatasi sakit tenggorokan pada anaknya.

Selanjutnya
Halaman
1 2

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com