7 Makanan untuk Atasi Batuk dan Sakit Tenggorokan

Lusiana Mustinda - detikFood Minggu, 07 Feb 2021 06:00 WIB
Cara Membedakan Madu Asli dan Palsu Pakai Air Foto: TikTok @riasmin22 , iStock
Jakarta -

Makanan untuk batuk yang alami bisa didapatkan dari rempah-rempah. Biasanya orang akan batuk karena beberapa hal, misalnya terpapar udara kotor atau karena kebiasaan merokok

Namun, batuk juga salah satu gejala yang mengindikasikan adanya infeksi virus Corona COVID-19. Hanya saja batuk karena COVID-19 muncul secara tiba-tiba tanpa penyebab yang jelas dan terus-menerus dan biasanya berupa batuk kering.

Untuk redakan batuk biasa, Medical News Today merekomendasikan beberapa makanan dan minuman untuk atasi batuk:

1. Teh dan madu

Menurut beberapa penelitian, madu dapat meredakan batuk. Sebuah studi tentang pengobatan batuk malam hari pada anak-anak membandingkan madu hitam dengan obat dekstrometorfan penekan batuk dan tanpa pengobatan.

Para peneliti melaporkan bahwa madu memberikan kelegaan paling signifikan dari batuk, diikuti oleh dekstrometorfan.

Untuk menggunakan madu sebagai pengobatan batuk, campurkan 2 sendok teh dengan air hangat atau teh herbal. Minum ramuan ini sekali atau dua kali sehari. Jangan berikan madu kepada anak di bawah usia 1 tahun.

Khasiat jahe untuk tubuhKhasiat jahe untuk tubuh Foto: iStock

2. Jahe

Makanan untuk batuk yang kedua adalah jahe. Jahe dapat meredakan batuk kering atau asma karena memiliki sifat anti inflamasi. Jahe juga dapat meredakan mual dan nyeri.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa beberapa senyawa anti inflamasi dalam jahe dapat mengendurkan membran di saluran udara, yang dapat mengurangi batuk. Para peneliti terutama mempelajari efek jahe pada sel manusia dan hewan, sehingga diperlukan lebih banyak penelitian.

Seduh teh jahe yang menenangkan dengan menambah 20-40 gram irisan jahe segar ke dalam secangkir air panas. Diamkan selama beberapa menit sebelum diminum. Tambahkan madu atau jus lemon untuk meningkatkan rasa dan lebih meredakan batuk.

3. Cairan

Tetap terhidrasi sangat penting bagi mereka yang batuk atau pilek. Penelitian menunjukkan bahwa minum cairan pada suhu kamar dapat meredakan batuk, pilek dan bersin.

Namun, orang dengan gejala tambahan pilek atau flu mungkin mendapat manfaat dari menghangatkan minuman mereka. Studi yang sama melaporkan bahwa minuman panas meringankan lebih banyak gejala, termasuk sakit tenggorokan, menggigil dan kelelahan.

Minuman panas yang dapat dipilih seperti kaldu bening, teh herbal, teh hitam, air hangat hingga beberapa minuman hangat lainnya.

selai nanasselai nanas Foto: istimewa

4. Nanas

Buah nanas menjadi salah satu makanan untuk batuk agar cepat mereda. Bromelain adalah enzim yang berasal dari nanas. Bromelain memiliki sifat anti inflamasi dan mungkin juga memiliki sifat mukolitik yang berarti dapat memecah lendir dan mengeluarkannya dari tubuh.

Beberapa orang mengonsumsi jus nanas setiap hari untuk mengurangi lendir di tenggorokan dan menekan batuk.

5. Thyme


Thyme memiliki kegunaan kuliner dan pengobatan untuk meredakan batuk, sakit tenggorokan, bronkitis dan masalah pencernaan.

Satu studi menemukan bahwa sirup obat batuk yang terdiri dari daun thyme dapat meredakan batuk lebih efektif dan lebih cepat daripada sirup plasebo pada orang dengan bronkitis akut.

Untuk mengobati batuk menggunakan thyme, carilah sirup obat batuk yang mengandung ramuan ini. Caranya adalah dengan membuat teh thyme dengan menambahkan 2 sendok teh thyme kering ke dalam secangkir air panas. Seduh selama 10 menit sebelum disaring dan diminum.

6. Bawang putih, jahe hingga lemon

Untuk meredakan batuk Anda bisa mengonsumsi ramuan sehat ini. Terbuat dari campuran bawang putih madu, jahe, lemon yang diseduh dengan air hangat. Ramuan itu akan membantu untuk membersihkan tenggorokan yang sakit dalam hitungan jam.

Bawang putih, lemon dan jahe memiliki kandungan senyawa yang dapat menghalau bakteri penyebab sakit tenggorokan. Sementara madu berperan sebagai agen penyembuhan dengan membangun kembali lapisan tenggorokan yang rusak karena batuk.

Ilustrasi PisangIlustrasi Pisang Foto: iStock

7. Pisang

Pisang merupakan buah non-asam yang bertekstur lunak. Karena teksturnya itu pisang dapat melewati tenggorokan tanpa menimbulkan rasa sakit ketika dimakan. Buah berkulit kuning ini juga bisa dijadikan sebagai obat batuk karena memiliki kandungan zat gizi yang baik.

Seperti vitamin B6, kalium dan yang paling penting untuk meredakan batuk adalah vitamin C. Semua nutrisi baik tersebut berfungsi untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan di tenggorokan kamu setelah mengalami rasa sakit yang disebabkan karena batuk.



Simak Video "Hangat dan Nikmat! Tak Heran Kembang Tahu di Sini Viral"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/pal)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com