8 Makanan untuk Atasi Sakit Tenggorokan, Ada Sup Ayam hingga Pisang

Diah Afrilian - detikFood Sabtu, 06 Mar 2021 06:00 WIB
8 Makanan untuk Atasi Sakit Tenggorokan, Ada Sup Ayam hingga Pisang Foto: Getty Images/iStockphoto/seb_ra
Jakarta -

Sakit tenggorokan disebabkan adanya infeksi. Rasanya akan sangat mengganggu dan tidak nyaman. Untuk mengatasinya, 8 makanan ini bisa jadi solusi.

Sakit tenggorokan seringkali terjadi dan dipengaruhi oleh banyak faktor. Seperti konsumsi banyak makanan berminyak, keadaan cuaca, hingga infeksi oleh bakteri.

Sakit tenggorokan bukan penyakit yang bisa dicegah karena akan dialami tanpa ada tanda-tanda dan gejala. Menjaga kebersihan mulut menjadi satu-satunya cara untuk mencegah bakteri yang mungkin saja menyebabkan sakit tenggorokan.

Segelas air hangat tidak akan cukup untuk melegakan tenggorokan yang terasa sakit dan gatal. Kamu bisa coba melegakan sakit tenggorokan dengan beberapa bahan makanan berikut.

Lifehack menyarankan 8 bahan makanan untuk atasi sakit tenggorokan seperti berikut:

1. Madu + Bawang Putih + Jahe + Lemon

8 Makanan untuk Atasi Sakit Tenggorokan, Ada Sup Ayam hingga Pisang8 Makanan untuk Atasi Sakit Tenggorokan, Ada Sup Ayam hingga Pisang Foto: Getty Images/iStockphoto/seb_ra

Campuran antara madu, bawang putih, jahe dan lemon dengan air hangat menjadi obat pereda sakit tenggorokan paling ampuh. Efeknya bisa dirasakan bahkan dalam hitungan jam setelah dikonsumsi.

Bawang putih, lemon dan jahe akan membantu mematikan bakteri yang menyebabkan sakit tenggorokan. Madu kemudian akan berperan untuk mengembalikan lapisan tenggorokan yang rusak.

2. Air dan Garam

Ada salah satu ramuan yang dipercaya turun temurun untuk mengatasi sakit tenggorokan. Campuran segelas air dan sesendok garam telah dipercaya bahkan hingga puluhan tahun.

Garam diketahui memiliki efek untuk meredakan nyeri. Berkumur air garam akan membantu untuk memperbaiki dinding tenggorokan bahkan melegakan pernafasan.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com