5 Sayuran Ini Bantu Sehatkan Pernapasan dan Redakan Asma

Devi Setya - detikFood Senin, 09 Agu 2021 05:00 WIB
5 Sayuran Ini Bantu Sehatkan Pernapasan dan Redakan Asma Foto: Getty Images/iStockphoto/KPS

2. Bayam


Berbagai jenis sayuran hijau terbukti secara ilmiah bisa membantu melancarkan sistem pernapasan, termasuk membersihkan paru-paru dan meredakan asma. Bayam salah satu sayuran yang baik untuk kesehatan paru-paru.

Dilansir dari Healthline (7/8) bayam dan berbagai sayuran berdaun hijau seperti kangkung dan sawi memiliki antioksidan yang bersifat anti inflamasi. Dalam Food & Function Journal, ilmuwan telah menemukan bahwa bayam mengandung phytochemical. Zat ini membantu mencegah kerusakan oksidatif, mengurangi peradangan, dan melawan kanker.

Konsumsi bayam secara rutin membantu menjaga kekebalan tubuh termasuk menjaga kesehatan paru-paru. Tentunya hal ini harus dibarengi dengan pola hidup sehat seperti tidak merokok.

5 Sayuran Ini Bantu Sehatkan Pernapasan dan Redakan Asma5 Sayuran Ini Bantu Sehatkan Pernapasan dan Redakan Asma Foto: Getty Images/iStockphoto/KPS

3. Brokoli

Brokoli merupakan sayuran sumber sulforaphane (SFN) yang baik. Kandungan ini berperan sebagai antioksidan, anti inflamasi, anti bakteri hingga anti kanker.

Sulphoraphane juga telah terbukti dapat mencegah kanker paru-paru, lambung, dan payudara. Untuk mendapatkan manfaatnya, usahakan mengonsumsi brokoli yang dimasak secara sederhana misalnya direbus. Pilih brokoli organik agar kualitasnya semakin baik.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Mie Ayam Hijau dari Sari Sayuran, Rasanya Gimana?"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com