7 Cara Sederhana Memulai Pola Hidup Sehat, Coba Yuk!

Diah Afrilian - detikFood Senin, 09 Agu 2021 08:30 WIB
Ilustrasi Pola Makan Sehat Foto: shutterstock

3. Jadwalkan Waktu Ngemil

Ngemil malamFoto: Thinkstock

Membuat jadwal pasti untuk mengatur waktu makan dan mengonsumsi camilan ternyata efektif untuk mencegah makan berlebih. Menyusun jadwal camilan juga menjadi cara yang cerdas untuk memerhatikan asupan camilan agar tetap seimbang dan menyehatkan.

"Aku sering merekomendasikan pasienku untuk menyusun strategi camilan setiap hari hanya pada pukul 3 atau 4 sore saja. Jangan lupa untuk mengombinasikannya juga dengan buah atau sayuran," kata Medlin.

4. Berhenti Makan Setelah Makan Malam

Memberi jeda waktu yang singkat antara makan malam dengan waktu tidur dikatakan sangat berbahaya untuk kesehatan menurut para ahli. Berhenti makan setelah makan malam atau beberapa jam sebelum tidur dianggap sebagai cara yang paling sehat untuk menjaga pencernaan tubuh secara keseluruhan.

"Puasa di waktu malam menjadi cara yang paling mudah untuk mendapatkan manfaat kesehatan tanpa harus merasa lapar. Jangan makan lagi pada jeda antara makan malam hingga waktu sarapan," kata Nicki Williams selaku penulis buku kesehatan 'It's Not You, It's Your Hormones'.

5. Siapkan Makanan untuk Akhir Pekan

Ilustrasi Pola Makan SehatFoto: shutterstock

Jika selama seminggu kamu merasa terlalu banyak konsumsi makanan-makanan yang tidak sehat, mengolah sendiri makanan dan memasak berbagai sayuran di akhir pekan menjadi jurus jitu untuk tetap memastikan asupan serat dan protein tercukupi.

"Konsumsi sayuran di akhir pekan akan memastikan asupan tinggi serat dan protein untuk tetap mencukupi kebutuhan tubuh," kata Bari Stricoff selaku ahli gizi.

6. Tambahkan Asupan Flavonoid

Flavonoid punya manfaat yang kompleks dan sangat banyak untuk kesehatan tubuh. Mulai dari antioksidan untuk menangkal bakteri dan virus hingga meredakan stress yang juga bisa mengganggu kesehatan.

"Menambahkan biji kakao pada yogurt juga sangat baik. Kakao mengandung magnesium yang penting untuk mengendalikan tekanan darah tinggi. Komponenflavonoid juga sangat baik untuk kesehatan jantung," kata Jenna Hope selaku ahli gizi.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com