7 Tips Jitu agar Makananmu Jadi Lebih Sehat

Diah Afrilian - detikFood Kamis, 22 Jul 2021 06:00 WIB
[size=12]Asian woman is happy holding salad and a fork in her hand
[/size]

[url=http://www.istockphoto.com/search/portfolio/7795483/?facets=%7B%2225%22%3A%226%22%7D#fef7e09][img]http://goo.gl/JLoF3[/img][/url] Foto: Getty Images/iStockphoto/vitchanan
Jakarta -

Tren makanan sehat kian populer. Tak perlu ribet, makanan bisa dibuat lebih sehat dengan tips berikut.

Akhir-akhir ini tren makanan sehat tengah banyak digemari. Banyak orang berlomba-lomba untuk menjalani pola hidup yang lebih sehat termasuk dalam hal memilih makanan.

Mulai dari bahan-bahan organik hingga menentukan bahan makanan rendah kalori untuk diolah dan dikonsumsi. Di Indonesia sendiri bahan makanan seperti bahan organik masih bisa terbilang sulit didapatkan dan cukup mahal harganya.

Ternyata untuk menyajikan makanan sehat tidak harus dengan menggunakan bahan-bahan organik berharga tinggi. Ada juga tips yang bisa dilakukan di rumah untuk menyajikan makanan sehat secara sederhana.

Berikut ini 7 tips jitu membuat makananmu lebih sehat menurut Rediff (20/7):

rempahrempah Foto: iStock

1. Gunakan Rempah

Walaupun memiliki ukuran yang kecil, rempah memiliki manfaat kesehatan besar tergantung jenisnya. Rempah dapat digunakan menjadi penambah rasa pada makanan secara alami.

Penggunaan rempah seperti kayu manis, daun kari dan rempah lainnya dapat digunakan untuk menambahkan rasa dalam makanan. Rempah juga dianggap sebagai pemberi rasa yang jauh lebih sehat dibandingkan dengan perasa buatan.

2. Batasi Asupan Minyak Olahan

Kandungan lemak pada minyak olahan sangat berpengaruh terhadap kesehatan. Mulai mengganti minyak olahan dengan minyak yang lebih alami akan sangat baik untuk membuat makanan jauh lebih sehat.

Minyak alami seperti minyak zaitun dikatakan mengandung antioksidan yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh secara general. Selain itu mencoba untuk memasak menggunakan cairan seperti kaldu sayur atau perasan lemon juga ampuh untuk kurangi asupan minyak olahan.

Baca juga: 4 Tips Makan Sehat Saat Idul Adha Agar Kolesterol Tidak Naik

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Resto di Jakarta Ini Sajikan Menu dari Hasil Panen di Kebun Sendiri"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com