7 Cara Sederhana Memulai Pola Hidup Sehat, Coba Yuk!

Diah Afrilian - detikFood Senin, 09 Agu 2021 08:30 WIB
Ilustrasi Pola Makan Sehat Foto: shutterstock
Jakarta -

Tubuh yang sehat pasti jadi idaman banyak orang. Tujuh cara sederhana memulai pola hidup sehat ini bisa kamu terapkan mulai dari sekarang.

Tubuh yang sehat tentunya menjadi hal yang didambakan semua orang. Tubuh yang terjaga kebugarannya akan sangat membantu segala aktivitas berjalan dengan lancar.

Sayangnya masih banyak orang yang malas mengupayakan kesehatan tubuh karena dianggap cukup rumit. Ternyata ada cara-cara mudah dan sederhana yang bisa membantu tubuh jadi jauh lebih sehat.

Mengatur pola makan serta memilih-milih sumber bahan makanan terbaik menjadi cara ampuh untuk menjaga kesehatan tubuh. Para ahli kebugaran juga menyarankan tujuh langkah mudah untuk membuat tubuh menjadi lebih sehat dan bugar.

Berikut ini 7 cara sederhana memulai pola hidup sehat, menurut Good Housekeeping (3/8):

Ilustasi seorang wanita yang sedang memasak sayur di dapurnyaFoto: Thinkstock

1. Konsumsi Buah dan Sayur

Bahan makanan nabati sangat disarankan dikonsumsi untuk menjaga kesehatan tubuh secara alami. Anjuran untuk makan 5 porsi buah dan sayuran setiap hari menjadi yang paling disarankan oleh Dr. Megan Rossi selaku ahli kesehatan.

Jika kamu berhasil mengonsumsi 5 buah dan sayuran yang berbeda setiap hari, maka mengonsumsi 30 jenis makanan nabati dalam seminggu menjadi hal yang mudah. Mengonsumsi berbagai bahan makanan yang berasal dari tumbuhan ini ampuh untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral harian tubuh.

2. Kurangi Asupan Kafein

Saat tiba-tiba merasa lelah dan mengantuk banyak orang yang akan memilih kafein untuk mengatasinya. Ternyata melakukan gerakan ringan jauh lebih baik dibandingkan mengonsumsi kafein untuk mengatasi kantuk dan lelah.

"Gerakan tubuh sama efektifnya dengan konsumsi kafein untuk meningkatkan konsentrasi dan fokus," kata Sophie Medlin selaku ahli gizi.

Baca juga: 7 Tips Jitu agarMakananmu Jadi Lebih Sehat

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com