5 Manfaat Buah Tin untuk Kesehatan, Buah yang Disebut dari Surga

Devi Setya - detikFood Minggu, 08 Agu 2021 05:00 WIB
5 Manfaat Buah Tin untuk Kesehatan, Buah yang Disebut dari Surga Foto: Getty Images/Philary
Jakarta -

Buah tin atau dikenal juga sebagai buah ara termasuk buah istimewa. Buah tin yang tercatat dalam Alquran dan dijuluki buah surga ini punya segudang manfaat kesehatan.

Nutrisi dalam buah tin terbilang lengkap. Buah dengan bentuk khas ini mengandung vitamin, mineral dan juga tinggi serat. Khasiatnya beragam, mulai dari mengontrol gula darah, menyehatkan tulang serta mengatasi disfungsi ereksi.

Dalam Alquran, buah tin disebut beberapa kali, bahkan menjadi satu surah khusus yakni Surah At-Tin. Allah SWT tentu menciptakan buah tin sebagai buah istimewa, bahkan saking spesialnya buah ini kerap disebut buah dari surga.

Buah dengan nama latin Ficus carica ini memiliki rasa manis sedikit asam. Buah tin yang berbentuk bulat dengan ujung runcing ini bisa dimakan langsung, diolah menjadi manisan kering, ataupun dijadikan campuran minuman.

Dilansir dari Healthline (7/8), inilah 5 manfaat buah tin untuk kesehatan:

1. Kandungan nutrisi buah tin

Buah tin diketahui sudah ada sejak 1400 tahun Masehi. Buah ini ditemukan di Asia Barat namun saat ini buah tin sudah banyak dibudidayakan, termasuk di Indonesia. Segudang nutrisi dalam buah tin mampu memberi dampak positif pada kesehatan tubuh.

Rutin menyantap buah tin bisa membantu menjaga kesehatan pencernaan, menguatkan tulang serta mencegah dan mengatasi disfungsi ereksi pada kaum Adam.

Dalam 100 gram buah tin segar mengandung 74 kkal energi; 0,75 gram protein; 19,18 karbohidrat; 2,9 gram serat; 16,26 gram gula buah dan 2 mg vitamin C. Buah tin juga mengandung kalsium, magnesium, kalium serta vitamin B6.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Dodol Buah Tin Pilihan Takjil Sehat dan Bergizi"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com