Tercatat Dalam Al-Quran, Buah Anggur Juga Jadi Hadiah untuk Rasulullah SAW

Devi Setya - detikFood Sabtu, 24 Jul 2021 06:00 WIB
Anggur Varietas Jan Ethes SP1 Foto: Dok. Kementan
Jakarta -

Banyak buah yang tercatat dalam Al-Quran, salah satunya anggur. Buah anggur bahkan disebutkan dalam Al-Quran sebanyak 14 kali dan pernah menjadi hadiah dari orang miskin untuk Rasulullah SAW.

Buah anggur termasuk salah satu buah purba yang sudah ada sejak ribuan tahun lalu. Bahkan dalam Al-Quran, buah anggur termasuk buah yang istimewa. Anggur disebutkan sebanyak 14 kali dalam Al-Quran, salah satunya dalam surah An-Nahl ayat 11.

"Dia menumbuhkan bagi kamu dengan air hujan itu tanam-tanaman; zaitun, kurma, anggur dan segala macam buah-buahan. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar ada tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang memikirkan.'' (QS: An Nahl: ayat 11)

An open quran at a masjid.Tercatat Dalam Al-Quran, Buah Anggur Juga Jadi Hadiah untuk Rasulullah SAW. Foto: iStock

Buah anggur yang rasanya manis ini juga disebutkan sebagai salah satu rezeki yang baik.

"Dari buah kurma dan anggur, kamu membuat minuman yang memabukkan dan rezeki yang baik. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Allah) bagi orang yang mengerti," (QS Al-Nahl : ayat 67).

Rasulullah SAW juga punya kisah seputar buah anggur yang diriwayatkan oleh para sahabat. Dilansir dari Kemenag (23/7) Rasulullah mengajarkan soal akhlak baik lewat semangkuk anggur masam.

Anggur Ruby RomanTercatat Dalam Al-Quran, Buah Anggur Juga Jadi Hadiah untuk Rasulullah SAW Foto : iStock

Dikisahkan, suatu hari datanglah seorang lelaki miskin dari desa membawa semangkuk penuh buah anggur yang hendak dihadiahkan kepada Rasulullah SAW. Lelaki miskin ini begitu bersemangat memberikan hadiah untuk Rasulullah. Dia menyimpan anggur itu dan mengatakan, "Wahai Rasulullah, terimalah hadiah kecil ini dariku."

Rasulullah SAW kemudian mengambil mangkukberisi buah anggur, lantas memakannya. Beliau memakan satu butir buah anggur kemudian tersenyum. Kemudian buah kedua, beliau tersenyum.

Melihat senyum di wajah Rasulullah SAW, lelaki miskin itu terlihat senang bukan main. Ia bahagia melihat anggur yang disimpannya itu dimakan oleh Rasulullah SAW.

Rasulullah saat itu tidak sendirian, beliau bersama para sahabat. Namun saat itu para sahabat merasa heran karena Rasulullah SAW tidak membagi buah anggur tersebut. Padahal biasanya Rasulullah SAW selalu berbagi makanan yang dimiliki.

Satu per satu buah anggur dimakan ini sampai tak terasa semangkuk buah anggur habis dilahapnya sendirian. Di tengah wajah bingung para sahabat, justru pria miskin ini memasang wajah girang karena hadiah anggurnya habis dimakan Rasulullah SAW. Kemudian ia berpamitan kepada Rasulullah SAW.

Setelah itu, salah seorang sahabat bertanya, "Ya Rasulullah, mengapa Anda tidak mengajak kami (menyantap anggur) itu bersamamu?"

Maka Rasulullah SAW tersenyum dan berkata: "Tidakkah kalian lihat betapa bahagianya ia dengan mangkuk (anggur) itu? Ketahuilah ketika aku memakannya, anggur itu terasa asam. Maka aku khawatir apabila aku membaginya kepada kalian, maka kalian akan menampakkan reaksi yang akan merusak kebahagiaannya".

Kisah inilah yang membuat para sahabat merasa takjub dan memetik pelajaran berharga.

Dalam Al-Quran tertulis anjuran untuk mengerjakan hal baik sekaligus menjadi pemaaf. "Jadilah engkau pemaaf dan suruhlah orang mengerjakan yang makruf, serta berpalinglah dari orang-orang yang bodoh ." (Al A'raf: 199)



Simak Video "Geliat Produsen Sale Pisang Anggur di Tengah Pandemi Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com