Pisang Dikenal Sebagai Makanan di Surga, Ini Keistimewaannya

Riska Fitria - detikFood Senin, 19 Jul 2021 05:00 WIB
Pisang Dikenal Sebagai Makanan di Surga, Ini Keistimewaannya Foto: iStock
Jakarta -

Pisang yang kaya akan antioksidan sering dikonsumsi untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Khasiat pisang tersebut tercatat di dalam Alquran.

Di tengah pandemi Covid-19 seperti ini penting untuk kita menjaga sistem imun. Ada beberapa faktor yang membuat sistem imun tubuh meningkat, salah satunya dengan mengasup makanan tinggi antioksidan.

Asupan antioksidan itu bisa didapat salah satunya dari buah pisang yang mengandung senyawa catechin. Catechin merupakan jenis antioksidan dari kelompok flavonoid.

Baca Juga: 3 Makanan Ini Dipilih Nabi Muhammad SAW untuk Cegah Virus Masuk ke Tubuh

Pisang Dikenal Sebagai Makanan di Surga, Ini KeistimewaannyaPisang Dikenal Sebagai Makanan di Surga, Ini Keistimewaannya Foto: iStock

Khasiat buah pisang tersebut juga tertulis di dalam Alquran, surah Al Waqi'ah ayat 27-31. Di dalamnya dijelaskan bahwa Allah SWT menceritakan tentang para penghuni surga dan kenikmatannya.

"Dan golongan kanan, alangkah bahagianya golongan kanan itu. Berada di antara pohon bidara yang tidak berduri, dan pohon pisang yang bersusun-susun (buahnya), dan naungan yang terbentang luar dan air yang tercurah," (QS. Al Waqi'ah 27-31).

Dilansir dari Go Muslim, mayoritas ulama dari kalangan sahabat dan tabi'in menafsirkan buah yang dimaksud adalah buah pisang. Dan itu adalah yang disebutkan oleh para ahli tafsir seperti ath-Thabari, ar-Razi, al-Qurtubi, Ibnu Katsir dan asy Syaukani rahimahullah.

Pisang Dikenal Sebagai Makanan di Surga, Ini KeistimewaannyaPisang Dikenal Sebagai Makanan di Surga, Ini Keistimewaannya Foto: iStock

Buah pisang yang dinikmati para penghuni surga tentu akan jauh lebih sempurna dari pisang biasa ditemui di dunia. Pisang-pisang yang tersedia di surga tidak pernah busuk dan akan memiliki rasa dan aroma wangi.

Khasiat pisang juga telah dibuktikan secara ilmiah. Analisis menunjukkan bahwa buah berkulit kuning ini mengandung 68% air, 25% gula, 2% protein, 1% lemak, 1% minyak dan 1% serat selulosa.

Pisang Dikenal Sebagai Makanan di Surga, Ini KeistimewaannyaPisang Dikenal Sebagai Makanan di Surga, Ini Keistimewaannya Foto: iStock

Selain itu, pisang juga megandung pati dan asam tanin, vitamin A, vitamin B dengan berbagai jenisnya, yakni B1, B2, B6 dan B12. Tak ketinggalan juga ada vitamin D dan sedikit vitamin Z.

Nutrisi pada pisang juga dilengkapi dengan kalsium, fosfor, besi, sodium, kalium, magnesium dan seng. Dari nutrisinya, pisang terhitung sebagai sumber gizi dan juga manakan yang baik untuk memasok energi.

Baca Juga: 5 Makanan dalam Alquran dan Sunnah Ini Bisa Tingkatkan Imunitas Tubuh



Simak Video "Masak Masak: Tips Bikin Permen Buah"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com