ADVERTISEMENT

7 Manfaat Air Jahe untuk Atasi Gejala Covid-19 hingga Nyeri Haid

Diah Afrilian - detikFood
Kamis, 05 Agu 2021 05:00 WIB
jahe
Foto: Getty Images

3. Meredakan Inflamasi

Different forms of gingerFoto: Thinkstock

Jahe memiliki komponen antiinflamasi yang membuatnya menjadi obat alternatif paling ideal untuk dikonsumsi di rumah. Komponen antiinflamasi yang ada pada jahe ini sangat baik untuk memperbaiki gangguan pada otot dan sendi.

Gangguan nyeri otot dan nyeri sendi ini juga banyak dirasakan oleh pasien Covid-19. Jika nyeri sendi yang dirasakan sudah sangat mengganggu, seduhan air jahe ini juga bisa digunakan untuk berendam sehingga efeknya lebih cepat terasa.

4. Menyembuhkan Gangguan Pernapasan

Efek hangat yang ditimbulkan oleh jahe dapat melegakan saluran pernapasan. Sesak napas saat ini tengah banyak dialami salah satunya dikatakan sebagai gejala Covid-19 yang hampir dirasakan oleh seluruh pasien Covid yang wajib diwaspadai.

Minum secangkir seduhan jahe secara rutin dikatakan dapat mengatasi gangguan pada pernapasan terutama sesak napas. Efek hangat yang dihasilkan jahe dapat berfungsi melegakan dan mengatasi sumbatan pada saluran pernapasan.

5. Meningkatkan Fungsi Pencernaan

jaheFoto: Getty Images

Minum air jahe secara rutin juga diakui dapat membantu mengatasi masalah pencernaan. Misalnya seperti penyerapan makanan hingga mengatasi kembung.

Seduhan jahe dengan air hangat dikatakan mampu meningkatkan kemampuan organ pencernaan untuk dapat menyerap nutrisi dan vitamin di dalam makanan lebih efektif. Selain itu konsumsi air seduhan jahe ini juga dapat mengatasi perut kembung akibat makanan bergas atau yang disebabkan oleh masalah lainnya.

6. Memperbaiki Sirkulasi Darah

Kandungan berbagai vitamin, mineral dan asam amino dalam air jahe dapat membantu memperbaiki sirkulasi darah. Efek lebih lanjutnya secara rutin mengonsumsi air jahe ini bisa menurunkan risiko gangguan kardiovaskuler yang disebabkan oleh penyumbatan aliran darah ke jantung.

Jahe juga dapat mencegah penumpukan lemak yang menyumbat arteri. Penumpukan lemak yang tidak teratasi ini harus dihindari karenaefeknya bisa menyebabkan serangan jantung bahkan hingga stroke.



Simak Video "Hangat dan Nikmat! Tak Heran Kembang Tahu di Sini Viral"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT