7 Manfaat Air Jahe untuk Atasi Gejala Covid-19 hingga Nyeri Haid

Diah Afrilian - detikFood Kamis, 05 Agu 2021 05:00 WIB
jahe Foto: Getty Images
Jakarta -

Jahe yang diseduh dengan air hangat ternyata punya banyak manfaat. Mulai dari mengatasi berbagai gejala Covid-19 hingga redakan nyeri haid.

Jahe merupakan salah satu rempah berkhasiat yang telah dipercaya secara turun temurun. Khasiat kesehatan jahe telah dipercaya sejak masa lampau untuk mengobati dan mengatasi berbagai macam gangguan kesehatan.

Jahe memiliki kadar vitamin C, magnesium serta mineral lain yang sangat tinggi sehingga memiliki khasiat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Jahe juga sangat mudah dan banyak ditemukan di kawasan Asia Tenggara termasuk Indonesia.

Hampir di seluruh dapur di Indonesia bahkan memiliki jahe sebagai bumbu dapur yang selalu tersedia. Kandungan vitamin seperti vitamin B3, B6, zat besi, potasium, vitamin C, magnesium, fosfor serta zinc membuat jahe dapat mengatasi berbagai gejala dan gangguan kesehatan.

Berikut ini 7 manfaat air jahe menurut Times of India (8/4):

jaheFoto: Getty Images

1. Tingkatkan Imunitas

Menurut penelitian yang pernah dilakukan oleh ahli, jahe memiliki kandungan minyak volatil yang baik untuk kekebalan daya tahan tubuh. Kandungan minyak volatil ini memiliki fungsi yang hampir sama dengan komponen antiinflamasi pada jahe.

Kandungan tersebut sangat membantu tubuh untuk melawan serangan infeksi virus yang masuk. Saat virus sudah diatasi oleh antiinflamasi ini maka kekebalan imunitas tubuh tidak terlalu banyak terganggu dan kekuatannya menjaga kesehatan tubuh akan terbantu dan tetap efektif.

2. Meredakan Hidung Tersumbat

Hidung tersumbat tentunya sangat tidak nyaman karena dapat menimbulkan kesulitan bernapas. Minum segelas air jahe hangat setiap pagi dikatakan mampu meredakan hidung tersumbat akibat alergi maupun gejala mual yang dirasakan pada pagi hari.

Konsumsi air jahe yang hangat ini juga sangat disarankan oleh para ahli terutama bagi yang memiliki alergi dingin dan seringkali menyebabkan sumbatan pada hidung. Segelas air jahe hangat ini juga disarankan untuk pasien Covid-19 yang merasakan sumbatan pernapasan.

Baca juga: 5 Teh Herbal Penambah Imunitas Ini Sangat Baik Dikonsumsi SaatPandemi

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Hangat dan Nikmat! Tak Heran Kembang Tahu di Sini Viral"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com