5 Dampak Buruk Sering Minum Soda, Bisa Lemahkan Imun Tubuh

Devi Setya - detikFood Rabu, 04 Agu 2021 07:00 WIB
minuman soda kena virus corona Foto: iStock

4. Menyebabkan peradangan

Minuman soda mengandung gula tambahan, yang dapat memicu peradangan dalam tubuh. Peradangan dalam tubuh bukan hanya melemahkan sistem imun tetapi juga berdampak pada resiko penyakit kronis yang bisa menyerang tubuh kapanpun.

Dalam satu penelitian ditemukan fakta bahwa orang yang minum soda memiliki kadar asam urat yang lebih tinggi dibandingkan orang yang minum susu atau air putih. Daripada mengalami masalah kesehatan di usia muda, dan beresiko terkena penyakit kardiovaskular di usia senja sebaiknya mulai batasi minum soda.

West Palm Beach, USA - March 29, 2011: Variety of brand name soda cans placed in a box in a double row. Brands include Coca Cola, Pepsi, Dr Pepper, Orange Crush, Sprite and Mountain Dew.5 Dampak Buruk Sering Minum Soda, Bisa Lemahkan Imun Tubuh Foto: iStock

5. Menyebabkan obesitas

Kandungan gula yang tinggi pada minuman soda berdampak pada kenaikan berat badan. Orang yang mengalami berat badan berlebih atau obesitas cenderung memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah. Karena alasan ini, sudah lama minuman soda ditinggalkan para pelaku diet.

Soda adalah minuman yang mengandung "kalori kosong" yang berarti bahwa minuman ini tidak memiliki nilai gizi. Menurut Koalisi Aksi Obesitas, beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa obesitas dapat merusak sistem imun dengan menurunnya produksi sitokin hingga perubahan fungsi limfosit.

Dijelaskan Brittany Busse, direktur medis di WorkCare, sitokin merupakan anti-inflamasi yang diperlukan untuk fungsi kekebalan tubuh. Sementara limfosit merupakan bagian dari sistem imun yang membantu melawan virus dan racun yang menyerang tubuh.

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua


Simak Video "Mengintip Kecanggihan Dapur Gelato Modern"
[Gambas:Video 20detik]

(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com