9 Pantangan Makanan Penyakit Jantung, Daging Merah hingga Soda

Diah Afrilian - detikFood Kamis, 21 Jan 2021 06:00 WIB
9 Pantangan Makanan Penyakit Jantung, Daging Merah hingga Soda Foto: Getty Images/MarsBars
Jakarta -

Ahli kardiologi dan ahli gizi mengungkap pantangan makanan penyakit jantung. Saus, garam, daging merah, hingga soda termasuk ke dalamnya.

Jantung merupakan organ tubuh vital untuk kehidupan manusia. Jantung berfungsi memompa darah untuk dialirkan ke seluruh tubuh.

Masalah-masalah kesehatan akan timbul ketika aliran darah tidak lancar dan fungsi jantung menurun. Beberapa masalah kesehatan terkait jantung yang bisa muncul misalnya stroke, penyakit kardiovaskular, bahkan yang paling fatal adalah kematian.

Asupan nutrisi melalui makanan penting diperhatikan jika kamu ingin menjaga tubuh tetap sehat dan berfungsi semestinya. Menghindari makanan-makanan tinggi lemak dan garam bisa menjadi cara untuk menjaga kesehatan jantung.

Menurut para ahli kardiologi dan ahli gizi, beberapa makanan punya efek yang sangat buruk untuk kesehatan jantung. Mengutip dari Delish (18/1), berikut ini 9 pantangan makanan penyakit jantung:

1. Saus Tomat

9 Pantangan Makanan Penyakit Jantung, Daging Merah hingga Soda9 Pantangan Makanan Penyakit Jantung, Daging Merah hingga Soda Foto: Getty Images/MarsBars

Saus tomat dibuat dengan banyak campuran gula dan garam. Dalam 2 sendok makan saus tomat bahkan mengandung 320 miligram sodium. Jumlah ini setara dengan 14% batas konsumsi garam harian seseorang.

Saus tomat juga mengandung 8 gram gula dalam tiap 2 sendok makannya. Kandungan tinggi garam dan gula ini tentunya harus dihindari untuk kesehatan jantung dan kardiovaskular.

2. Saus barbecue

Saus barbecue ternyata masuk ke dalam makanan yang harus dihindari untuk menjaga kesehatan jantung. Beberapa sendok makan saus barbecue menjadi sumber 310 miligram sodium untuk tubuh.

Bahkan pada beberapa saus barbecue kemasan mengandung natrium dan gula yang cukup tinggi. Cara amannya adalah dengan membuat saus barbecue sendiri di rumah.

3. Garam Meja

9 Pantangan Makanan Penyakit Jantung, Daging Merah hingga Soda9 Pantangan Makanan Penyakit Jantung, Daging Merah hingga Soda Foto: Getty Images/MarsBars

Lebih dari 70% konsumsi sodium, berasal dari makanan yang ada di restoran. Lalu 15% lainnya terkandung secara alami dalam makanan.

Asupan garam ini bisa menjadi 100% ketika kamu menambahkan garam yang biasa ada di meja saat kamu bersantap di restoran. Garam meja sendiri mengandung 15% sodium yang harus dihindari untuk mencegah konsumsi garam berlebih.

Baca Juga: Pantangan Penyakit Jantung, Hindari 15 Makanan Ini Agar Darah Tinggi Tidak Naik

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
eLIFE
×
Dietku Bukan Dietmu
Dietku Bukan Dietmu Selengkapnya