5 Dampak Buruk Sering Minum Soda, Bisa Lemahkan Imun Tubuh

Devi Setya - detikFood Rabu, 04 Agu 2021 07:00 WIB
minuman soda kena virus corona Foto: iStock

2. Meningkatkan risiko infeksi

Orang yang dalam kondisi sehat saja harus membatasi konsumsi soda, apalagi mereka yang memiliki riwayat berbagai penyakit termasuk diabetes. Gula dalam minuman soda mempengaruhi sel darah putih pada sistem kekebalan tubuh. Sel ini sangat bertanggung jawab untuk melawan infeksi.

Inilah sebabnya mengapa sel darah putih sering disebut sebagai "sel pembunuh." Orang yang memiliki riwayat penyakit diabetes tipe 2 lebih rentan terhadap komplikasi berbagai penyakit. Apalagi ketika sistem imun melemah.

Ketika sistem imun melemah, berbagai penyakit akan mudah menginfeksi, termasuk virus flu dan batuk. Efek terberatnya yakni bisa dengan mudah terinfeksi Covid-19 setelah melakukan kontak dengan pasien yang positif.

7 Minuman Penyebab Kembung, Hindari Susu hingga Soda5 Dampak Buruk Sering Minum Soda, Bisa Lemahkan Imun Tubuh Foto: Getty Images/iStockphoto/franz12

3. Meningkatkan risiko diabetes tipe 2

Meneguk sekaleng minuman soda dapat meningkatkan risiko diabetes tipe 2. Rutin minum minuman manis dapat menurunkan sensitivitas insulin dalam tubuh, termasuk dalam hal ini minuman soda. Ketika insulin dalam tubuh terganggu maka hal ini memudahkan orang terjangkit diabetes tipe 2.

Salah satu cara meningkatkan sensitivitas insulin adalah dengan membatasi minuman soda dan minuman manis lainnya. Di samping itu, kamu juga perlu menjalani pola hidup sehat dengan membatasi makanan berlemak, olahan daging serta rutin berolahraga.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Ternyata Ini Lho Perbedaan Gelato dengan Es Krim Lainnya"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com