5 Dampak Buruk Sering Minum Soda, Bisa Lemahkan Imun Tubuh

Devi Setya - detikFood Rabu, 04 Agu 2021 07:00 WIB
minuman soda kena virus corona Foto: iStock
Jakarta -

Minuman soda jika diminum berlebihan memang tidak sehat. Selain tinggi kandungan gula ternyata juga membuat sistem imun melemah.

Minuman soda sudah lama dihindari oleh orang-orang yang menjalani pola hidup sehat. Banyak efek negatif yang mempengaruhi kesehatan jika seseorang rutin mengonsumsi soda. Kebanyakan orang hanya tahu efek minuman soda membuat gemuk dan meningkatkan risiko diabetes padahal efeknya lebih parah.

Dilansir dari Eat This (29/7) para peneliti menemukan fakta bahwa minuman soda memberi dampak melemahkan sistem imun. Dengan demikian soda bisa dikategorikan sebagai asupan yang merusak sistem kekebalan tubuh.

Kandungan gula yang sangat banyak dalam minuman soda berpotensi melemahkan sistem imun karena gula merupakan makanan bagi bakteri-bakteri jahat. Semakin banyak mengasup gula maka bakteri jahat dalam tubuh akan semakin berkembang biak.

Berikut efek buruk terlalu sering konsumsi minuman soda yang bisa melemahkan sistem imun.


1. Membuat bakteri jahat berkembang biak dalam tubuh

Satu kaleng minuman soda mengandung 39 gram gula. Bayangkan jika seseorang mengonsumsi minuman soda lebih dari satu kaleng dalam sehari dan dilakukan secara terus menerus. Tubuh secara perlahan akan dipenuhi bakteri jahat.

Gula merupakan tempat berkembang biaknya bakteri dan virus yang berpotensi menyebar ke seluruh tubuh dan mengganggu fungsi kerja organ tubuh. Secara umum, gula juga menekan sistem kekebalan tubuh dengan mengunci bakteri dalam tubuh. Jadi bakteri jahat yang seharusnya keluar dari tubuh justru menetap karena banyaknya makanan bakteri berupa gula.

Alasan ini bisa menjadi acuan untuk mengurangi konsumsi minuman soda. Batasi konsumsinya maksimal satu kaleng dalam seminggu. Dengan demikian, kamu tetap bisa mengonsumsi soda namun tubuh tetap dalam kondisi prima.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Terkenalnya Bakso Theresia yang Autentik"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com