ADVERTISEMENT

7 Makanan dengan Antivirus Alami Ini Bantu Perkuat Imunitas

Diah Afrilian - detikFood
Rabu, 04 Agu 2021 06:00 WIB
Fruits and vegetables
Foto: iStock

3. Sayuran

Fruits and vegetablesFruits and vegetables Foto: iStock

Di balik warnanya yang hijau, sayuran berdaun biasanya memang dikenal akan kandungan antioksidannya yang berperan sebagai antivirus yang baik. Ternyata tak hanya sayuran berdaun, para ahli juga mengungkap jenis sayuran lain yang memiliki komponen antivirus yang tinggi dan baik untuk membantu pertahanan imunitas.

Kandungan antivirus pada sayuran didapatkan melalui antioksidan yang kaya yang terkandung dalam sayuran tersebut, Sayuran-sayuran ini misalnya kubis ungu, paprika, buah bit atau bahkan zaitun.

4. Biji-Bijian

Selain bahan makanan utama, biji-bijian juga sangat direkomendasikan untuk menggantikan camilan menjadi lebih sehat. Beberapa jenis biji-bijian punya kandungan mineral dan antioksidan tinggi yang membuatnya memiliki peran antivirus untuk tubuh.

Mengganti camilan makanan ringan menjadi biji-bijian dikatakan sebagai langkah cerdas untuk menjaga kekuatan imunitas di masa pandemi. Biji-bijian yang disarankan ini misalnya seperti walnut, almond, kuaci, serta jenis lainnya.

5. Kacang-Kacangan

black beansFoto: Thinkstock

Kacang-kacangan yang berukuran kecil sebenarnya menyimpan khasiat yang sangat besar. Kaya akan protein, serat, karbohidrat, mineral dan juga vitamin, kacang-kacangan berfungsi baik sebagai antivirus untuk membantu imunitas tubuh.

Kacang-kacangan seperti kacang merah, kacang tanah hingga kedelai menjadi yang kaya akan antioksidan dan direkomendasikan oleh ahli. Menambahkan kacang-kacangan tersebut dikatakan mampu membantu tubuh untuk menangkal infeksi virus yang masuk.

6. Kopi, Teh dan Minuman Lain

Teh dikenal akan kandungan antioksidannya yang sangat baik. Tidak hanya pada teh, kandungan antioksidan yang dapat berperan sebagai antivirus dan dibutuhkan oleh tubuh juga terdapat pada biji kopi.

Jika tidak cocok dengan kafein jus buah juga bisa menjadi alternatif untuk mendapatkan antioksidan dan membentukantivirus pada tubuh. Jus buah yang disarankan berupa jus delima, jus anggur hingga buah prune.



Simak Video "Gerai Vegetarian di Senopati Ini Tawarkan Citarasa Resto Siap Saji"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT