10 Makanan Andalan Atlet Bulu Tangkis agar Prima di Lapangan

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 03 Agu 2021 17:00 WIB
Ganda campuran Indonesia Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti memukul kok ke arah ganda campuran China Zeng Siwei/Huang Yaqiong dalam perempat final Olimpiade Tokyo 2020 di Musashino Forest Sport Plaza, Tokyo, Jepang, Rabu (28/7/2021). Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti gagal melaju ke semifinal setelah kalah 17-21, 15-21 dari ganda campuran peringkat satu dunia Zeng Siwei/Huang Yaqiong. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/rwa. Foto: ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWAN
Jakarta -

Atlet bulu tangkis dituntut bugar agar tampil prima saat bertanding. Mereka mengandalkan asupan bernutrisi seperti sepuluh makanan ini. Mulai dari pisang hingga telur!

Setiap atlet cabang olahraga memiliki pola diet masing-masing, tak terkecuali untuk atlet bulu tangkis. Mereka perlu mengonsumsi makanan dengan nutrisi yang tepat untuk menunjang performa di lapangan.

Selain membuat berenergi, nutrisi dari makanan-makanan ini membuat atlet bulu tangkis bakal lebih cepat pulih jika mengalami cedera. Biasanya mereka melakukan diet pada sebelum, saat, dan sesudah bertanding.

Dikutip dari Sports Uncle (3/8), inilah 10 makanan andalan atlet bulu tangkis:

1. Pisang

Pisang menjadi sumber energi instan yang sangat diperlukan atlet bulu tangkis. Pisang mengandung serat dan tiga jenis gula alami yaitu glukosa, sukrosa, dan fruktosa yang bertanggungjawab sebagai pemasok energi.

Kelebihan lainnya, pisang mengandung potassium yang dapat memulihkan fungsi otot. Kekurangan potassium bisa menyebabkan kejang otot parah. Dan saat latihan atau bertanding, tubuh atlet bulu tangkis mungkin kehilangan potassium lewat keringat. Di sinilah peran konsumsi pisang dibutuhkan.

2. Brokoli

Manfaat Sehat Brokoli untuk TubuhFoto: Getty Images/iStockphoto

Makanan andalan atlet bulu tangkis selanjutnya adalah brokoli. Sayuran hijau ini kaya nutrisi termasuk asam lemak omega 3 dan serat sehingga bisa mempertahankan rasa kenyang lebih lama.

Mengonsumsi brokoli bisa menyehatkan jantung hingga sistem pencernaan. Tak heran kalau brokoli juga jadi menu wajib untuk banyak atlet olahraga lainnya.

3. Dark chocolate

Siapa bilang atlet tak boleh makan cokelat? Mereka justru dianjurkan makan dark chocolate. Jumlah kalori dari jenis cokelat ini bisa memasok energi dengan cepat.

Dark chocolate juga bersifat melebarkan pembuluh darah yang berujung pada stamina lebih baik. Selain itu, penelitian menunjukkan konsumsi dark chocolate bisa mengurangi cedera otot terkait tekanan saat latihan fisik.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Legit Bubur Kampiun Khas Minang"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com