Benarkah Kopi Bisa Deteksi dan Sembuhkan Anosmia? Ini Faktanya

Devi Setya - detikFood Selasa, 03 Agu 2021 06:00 WIB
Sering Buang Air Kecil Setelah Minum Kopi? Ternyata Ini Alasannya Foto: iStock
Jakarta -

Banyak bahan alami yang diandalkan untuk mengobati anosmia, salah satunya kopi. Aroma kopi yang kuat bisa memancing fungsi indera penciuman agar kembali normal.

Salah satu yang sudah membuktikan keampuhan kopi sebagai obat alami anosmia adalah artis Tyas Mirasih. Ia menceritakan pengalamannya setelah sembuh dari Covid-19 dan mengalami anosmia.

Tyas Mirasih mengandalkan kopi milik sang suami untuk memancing fungsi indera penciumannya. Ternyata hasilnya terbukti ampuh, Tyas kembali bisa mencium aroma apapun setelah ia mencium kopi.

Ternyata kopi sudah lama disebut bisa membantu menyembuhkan anosmia. Bahkan beredar juga kabar kalau kopi bisa menyembuhkan Covid-19. Benarkah?

Dilansir dari Times of India (2/8) kopi dan Covid-19 kerap dikaitkan dalam berbagai hal. Kopi disebut bisa mendeteksi virus Covid-19, menyembuhkan anosmia dan bahkan disebut bisa menyembuhkan Covid-19.

Terlepas dari berbagai isu ini, sebenarnya kopi memang mengandung berbagai zat yang membuat tubuh lebih sehat. Ketika dikonsumsi dalam porsi tepat, kopi membantu menurunkan berat badan, meningkatkan stamina dan energi serta membuat jantung lebih sehat.

Berikut fakta dan mitos seputar kopi dan Covid-19:

1. Kopi mendeteksi virus Covid-19

Proffee Diracik dari Kopi dan Bubuk Protein, Benarkah Menyehatkan?Benarkah Kopi Bisa Deteksi dan Sembuhkan Anosmia? Ini Faktanya Foto: Getty Images/iStockphoto/MartinPrescott

Salah satu gejala yang muncul saat seseorang terapar virus Covid-19 adalah kehilangan indra penciuman dan perasa. Gejala ini dalam dunia medis dikenal dengan sebutan anosmia.

Sebenarnya anosmia merupakan gejala umum ketika seseorang mengalami flu. Tapi belakangan, anosmia erat kaitannya dengan gejala Covid-19. Orang-orang yang mengalami penurunan fungsi indera penciuman langsung berlomba mengetes dengan berbagai cara.

Salah satu bahan yang digunakan adalah kopi. Kopi yang diandalkan sebagai salah satu cara mendeteksi paparan Covid-19 bisa sangat membantu seseorang mengetahui lebih cepat gejala yang dirasakan.

Cara ini dianggap efektif, terutama bagi pasien tanpa gejala atau OTG. Aroma kopi yang sangat kuat ini membantu orang dengan cepat mendeteksi adanya gejala anosmia. Selain mencium aroma kopi, kamu juga bisa mencicip kopi untuk mengetes fungsi indera pengecapan.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Mencicipi Kopi Khas Toba Racikan Hotman Tambunan Eks Pegawai KPK "
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com