Cara Kembalikan Indera Penciuman dan Perasa Usai Covid-19, Pakai 5 Bumbu Dapur Ini

Sonia Basoni - detikFood Selasa, 03 Agu 2021 07:00 WIB
Covid-19: Kehilangan indera penciuman menjadi gejala virus corona yang lebih meyakinkan ketimbang batuk, sebut penelitian Foto: BBC Magazine

3. Daun Mint

Mint leaf close up on a white backgroundMint leaf close up on a white background Foto: Thinkstock

Sensasi dingin dan menyegarkan dari daun mint biasanya digunakan untuk campuran permen hingga pengharum ruangan. Namun daun mint juga berguna dalam membantu memulihkan indera perasa dan penciuman yang hilang.

Cara konsumsinya juga cukup mudah. Rebus sekitar 10 lembar daun mint, kemudian biarkan hingga airnya matang dan mendidih. Kemudian saring air dari daun dan diamkan hingga tak terlalu panas, lalu tambahkan sedikit madu.

Langsung minum larutan air daun mint dan madu. Sensasi dingin dari daun mint, serta kandungan anti-mikroba dan anti radang yang ada pada daun mint secara perlahan bisa memulihkan penciuman dan perasa.

4. Cuka Apel

A glass bottle of red apple vinegar. Fresh red apples in the background.Cuka Apel Foto: Getty Images/iStockphoto/TolikoffPhotography

Cuka apel mungkin rasanya kecut dan sedikit asam. Tapi siapa sangka ternyata cuka sari apel dikenal dapat mengobati infeksi hidung, seperti hidung tersumbat dan sinus yang dapat menyebabkan hilangnya indera penciuman dan perasa. Ini karena aktivitas anti-peradangan atau inflamasi dan antimikroba dari cuka sari apel.

Rasa cuka apel juga terbilang asam segar sehingga bisa dijadikan obat herbal. Untuk penggunaannya, tambahkan satu sendok teh cuka sari apel ke dalam segelas air hangat, aduk rata dan minum dua kali sehari. Kamu juga bisa menambahkan madu agar rasanya lebih enak.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Cukup Bayar Rp 2.000, Bisa Makan Sepuasnya di Warung Ini"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com