5 Pola Makan untuk Pasien Covid-19 Gejala Ringan Agar Cepat Pulih

Diah Afrilian - detikFood Sabtu, 31 Jul 2021 05:00 WIB
Asian woman wearing mask, sick doctor, cough, use to grasp the chest in the bedroom Foto: Getty Images/iStockphoto/somboon kaeoboonsong
Jakarta -

Walaupun mengalami gejala ringan, asupan makanan bagi penyintas Covid-19 perlu diperhatikan. Tips pola makan berikut ini bisa ditiru agar cepat pulih.

Masih banyak penyintas Covid-19 yang tak kunjung pulih. Beberapa bahkan masih merasakan gejala ringan yang tersisa seperti batuk, kehilangan indra penciuman hingga sakit kepala yang terkadang datang.

Mengonsumsi makanan yang bernutrisi dan mencukupi kebutuhan gizi sangat diperlukan untuk mendukung pemulihan penyintas Covid-19. Dengan menerapkan dua hal itu, imunitas tubuh akan lebih kuat dalam melawan infeksi coronavirus yang menjangkit.

Pola makan yang teratur dan seimbang sangat memengaruhi kondisi tubuh karena kaitannya dengan kesehatan pencernaan serta keseimbangan hormon yang memiliki hubungan dengan imunitas. Mulai dari makan makanan segar hingga menyeimbangkan kadar lemak semuanya perlu dilakukan.

Berikut ini 5 pola makan untuk penyintas Covid-19 gejala ringan yang disarankan Badan Kesehatan Dunia (WHO):

Delicious colorful fruit salad close up. Fruits in background. Light summer food. The greatest wealth is health.  ~VirgilFoto: iStock

1. Konsumsi makanan segar setiap hari

Makanan yang segar memiliki serat utuh yang dapat menjaga kesehatan saluran pencernaan. Terutama pada bagian usus di mana terdapat bakteri baik yang harus dijaga keseimbangannya untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Makan makanan utuh yang segar seperti buah atau sayuran, kacang-kacangan serta biji-bijian utuh sangat disarankan untuk menjaga kesehatan pencernaan. Konsumsi 4 porsi buah dan 5 porsi sayuran setiap hari menjadi takaran yang harus dipenuhi untuk pemulihan tubuh saat terjangkit Covid-19 yang lebih cepat.

Buah dan sayuran juga bisa menjadi alternatif untuk camilan yang lebih sehat dan minim bahan-bahan tambahan. Namun perlu diwaspadai untuk tidak memasak sayuran ataupun buah terlalu lama agar kadar nutrisinya tidak terbuang banyak.

Baca juga: 6 Pola MakanPeningkat Imun untuk Hidup Sehat dan CegahCovid-19

Lihat Video: Yang Perlu Diperhatikan Saat Berjemur Agar Dapat Hasil Optimal

[Gambas:Video 20detik]




Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com