6 Tips Makan Sehat untuk Ibu Hamil yang Sedang Isoman

Diah Afrilian - detikFood Jumat, 23 Jul 2021 07:00 WIB
Ibu hamil makan tomat Foto: iStock
Jakarta -

Covid-19 juga banyak dialami ibu hamil. Agar tetap sehat dan terjaga imunitasnya, ibu hamil bisa lakukan tips makan sehat berikut saat jalani isoman.

Pandemi Covid-19 ancamannya masih sangat tinggi. Terlebih bagi anak kecil, orang lanjut usia serta ibu hamil. Kekuatan imunitas yang tidak memadai serta hormon yang tidak stabil sangat berdampak pada daya tahan tubuh mereka dalam menghadapi virus.

Tidak jarang banyak juga ibu hamil yang mulai merasakan stres karena pembatasan aktivitas dalam jangka waktu yang sangat lama. Stres yang dialami ini juga menjadi salah satu faktor yang dapat mengganggu imunitas atau daya tahan tubuh.

Memilih makanan tinggi nutrisi dikatakan ampuh untuk membantu mengatasi stres dan menjaga kekuatan imunitas untuk menghalau virus yang datang. Melakukan penyesuaian pada makanan pada setiap waktu makan juga penting untuk dilakukan untuk ibu hamil selama melakukan isolasi mandiri (isoman) di rumah.

Berikut ini 6 tips makan sehat untuk ibu hamil selama isoman, menurut Times of India (25/5):

Ilustrasi Vitamin CFoto: shutterstock

1. Konsumsi Banyak Vitamin C

Vitamin C diketahui punya manfaat besar untuk membantu menjaga imunitas tubuh. Vitamin C dapat membantu melawan infeksi secara alami dan memulihkan tubuh lebih cepat.

Vitamin C bisa didapatkan melalui konsumsi sayuran yang bisa ditambahkan dalam makanan. Misalnya brokoli, paprika, jeruk nipis, serta buah-buahan seperti jeruk, kiwi, anggur dan masih banyak yang lainnya.

2. Tingkatkan Asupan Susu

Susu dan produk olahannya sangat penting untuk menguatkan tubuh secara keseluruhan. Terutama pada produk olahannya yang difermentasi seperti yogurt dan kefir dapat membantu menjaga kesehatan usus.

Usus yang sehat dengan ragam bakteri baik di dalamnya sangat memengaruhi imunitas tubuh. Kesehatan saluran pencernaan terutama usus menjadi kunci utama untuk menjaga imunitas tetap kuat.

Baca juga: Makanan untuk Ibu Hamil Trimester 1, 2, dan 3

Selanjutnya
Halaman
1 2

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com