5 Rahasia Sehat Nabi Muhammad SAW yang Hanya Dua Kali Sakit Selama Hidup

Riska Fitria - detikFood Minggu, 25 Jul 2021 05:00 WIB
5 Rahasia Sehat Nabi Muhammad SAW yang Hanya Dua Kali Sakit Selama Hidup Foto: iStock
Jakarta -

Nabi Muhammad SAW memiliki pola hidup yang sehat. Bahkan dalam hidupnya ia hanya sakit dua kali. Ini rahasia sehat ala Rasulullah SAW.

Konon, selama hidup Rasulullah SAW hanya merasakan sakit sebanyak dua kali. Sakit pertama setelah menerima wahyu pertama di mana beliau merasakan demam yang hebat.

Sakit kedua adalah ketika Nabi Muhammad SAW mengalami sakit parah yang kemudian menyebabkan beliau wafat. Kondisi tersebut menjelaskan bahwa Nabi Muhammad SAW punya fisik yang kuat dan sehat.

Baca Juga: 3 Makanan Ini Dipilih Nabi Muhammad SAW untuk Cegah Virus Masuk ke Tubuh

Padahal kondisi di alam jazirah Arabia saat itu terbilang tandus, keras dan kurang bersahabat, seperti yang dikutip dari Gana Islamika (07/05/19). Secara lahiriah, Rasulullah SAW mampu mencegah hal-hal yang berpotensi mendatangkan penyakit.

Itu karena Nabi Muhammad SAW sangat peduli terhadap kesehatannya. Maka tak heran jika beliau memiliki fisik yang kuat dan daya tahan yang kuat.

Berikut tips sehat ala Nabi Muhammad SAW semasa hidupnya:

1. Selektif terhadap Makanan

5 Rahasia Sehat Nabi Muhammad SAW yang Hanya Dua Kali Sakit Selama Hidup5 Rahasia Sehat Nabi Muhammad SAW yang Hanya Dua Kali Sakit Selama Hidup Foto: iStock

Nabi Muhammad SAW sangat menyeleksi jenis makanan apa saja yang masuk ke mulutnya. Tidak ada makanan yang masuk ke mulut beliau, kecuali makanan tersebut memenuhi syarat halal dan thayyib (baik).

Halal yang dimaksud adalah yang berkaitan dengan urusan akhirat misalnya halal cara mendapatkan dan halal barangnya. Semenyara thayyib berkaitan dengan urusan duniawi.

Misalnya baik tidaknya makanan atau bergizi atau tidaknya makanan yang dikonsumsi. Salah satu makanan yang menjadi favorit Nabi Muhammad SAW adalah madu yang dicampur air,

Nabi Muhammad SAW bersabda, "Hendaknya kalian menggunakan dua macam obat, yaitu madu dan AlQur-an," (HR. IbnuMajah dan Hakim).

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Perpaduan Bakmi dengan Sei Sapi"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com