5 Rahasia Sehat Nabi Muhammad SAW yang Hanya Dua Kali Sakit Selama Hidup

Riska Fitria - detikFood Minggu, 25 Jul 2021 05:00 WIB
5 Rahasia Sehat Nabi Muhammad SAW yang Hanya Dua Kali Sakit Selama Hidup Foto: iStock

4. Puasa Sunnah

5 Rahasia Sehat Nabi Muhammad SAW yang Hanya Dua Kali Sakit Selama Hidup5 Rahasia Sehat Nabi Muhammad SAW yang Hanya Dua Kali Sakit Selama Hidup Foto: iStock

Rasulullah SAW tidak hanya melakukan puasa wajib, tetapi juga istiqamah melakukan puasa sunnah. Ada beberapa puasa sunnah yang dianjurkan, seperti Senin-Kami, Ayyamul Bidh, Puasa Daud dan lain-lain.

Nabi Muhammad SAW mengatakan bahwa puasa adalah perisai terhadap berbagai macam penyakit jasmani maupun rohani. Manfaatnya dalam kesehatan adalah dapat melebur berbagai ampas makanan.

Selain itu juga bisa menahan diri dari makanan berbahaya. Puasa juga menjadi obat penenang bagi stamina dan organ tubuh sehingga energinya tetap terjaga.

Puasa sangat ampuh untuk detoksifikasi atau pembersih racun secara menyeluruh.

5. Pola Tidur yang Baik

5 Rahasia Sehat Nabi Muhammad SAW yang Hanya Dua Kali Sakit Selama Hidup5 Rahasia Sehat Nabi Muhammad SAW yang Hanya Dua Kali Sakit Selama Hidup Foto: iStock

Selain pola makan, Nabi Muhammad SAW juga mengatur pola tidur yang baik. Beliau selalu tidur di awal malam dan bangun pada pertengahan malam kedua. Ketika bangun, Nabi Muhammad SAW akan bersiwak.

Kemudian, beliau akan berwudhu dan sholat dan sampai waktu yang diizinkan oleh Allah SWT. Nabi Muhammad SAW tidah pernah tidur melebihi kebutuhan, tetapi tidak pula menahan diri untuk tidur sekadar yang dibutuhkan.

Cara tidurnya Rasulullah juga sarat makna. Menurut Ibnul Qayyim Al Jauziyyah dalam buku Metode Pengobatan Nabi mengungkapkan bahwa Rasul tidur dengan memiringkan tubuh ke arah kanan, sambil berzikir kepada Allah SWT hingga matanya terasa berat.

Terkadang beliau juga memiringkan badannya ke sebelah kiri sebentar, untuk kemudian kembali ke sebelah kanan. Cara tidur tersebut merupakan cara yang efektif.

Baca Juga: 5 Makanan dalam Alquran dan Sunnah Ini Bisa Tingkatkan Imunitas Tubuh

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua


Simak Video "Pembukaan Subway Indonesia yang Timbulkan Antrean Panjang"
[Gambas:Video 20detik]

(raf/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com