5 Rahasia Sehat Nabi Muhammad SAW yang Hanya Dua Kali Sakit Selama Hidup

Riska Fitria - detikFood Minggu, 25 Jul 2021 05:00 WIB
5 Rahasia Sehat Nabi Muhammad SAW yang Hanya Dua Kali Sakit Selama Hidup Foto: iStock

2. Tidak Makan Sebelum Lapar dan Berhenti Sebelum Kenyang

5 Rahasia Sehat Nabi Muhammad SAW yang Hanya Dua Kali Sakit Selama Hidup5 Rahasia Sehat Nabi Muhammad SAW yang Hanya Dua Kali Sakit Selama Hidup Foto: iStock

Nabi Muhammad SAW tidak pernah makan berlebihan. Karenanya beliau selalu menerapkan prinsip makan sebelum lapar dan berhenti sebelum kenyang.

Aturannya, kapasitas perut dibagi menjadi tiga bagian, yakni sepertiga untuk makanan (zat padat), sepertiga untuk minuman (zat cair) dan sepertiga untuk udara (gas).

Rasulullah SAW bersabda, "Anak Adam tidak memenuhkan suatu tempat yang lebih jelek dari perutnya. Cukuplah bagi mereka beberapa suap yang dapat memfungsikan tubuhnya,".

"Kalau tidak ditemukan jalan lain, maka ia dapat mengisi perutnya dengan sepertiga untuk makanan, sepertiga untuk minuman dan sepertiganya lagu untuk pernapasan," (HR Ibnu Majah dan Ibnu Hibban).

3. Makan dengan Tenang

5 Rahasia Sehat Nabi Muhammad SAW yang Hanya Dua Kali Sakit Selama Hidup5 Rahasia Sehat Nabi Muhammad SAW yang Hanya Dua Kali Sakit Selama Hidup Foto: iStock

Nabi Muhammad SAW selalu tuma'ninah ketika makan, artinya adalah makan tenang atau tidak tergeda-gesa. Cara makan ini menghindari terjadinya tersedak dan tergigit.

Selain itu, juga membantu kerja organ dalam melakukan sistem pencernaan menjadi lebih ringan. Dengan begitu, makanan pun dapat dikunyah dengan lebih baik, sehingga kerja organ pencernaan bisa berjalan sempurna.

Sementara makanan yang tidak dikunyah dengan baik akan sulit dicerna. Cara makan tersebut jika dalam jangka waktu lama bisa menyebabkan kanker di usus besar.

Baca Juga: 10 Makanan Sehat yang Jadi Favorit Nabi Muhammad SAW

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Pedas Menggugah Dori Sambal Matah"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com