Bergizi Seimbang, Menu Sarapan Jepang Disebut Bisa Tangkal COVID-19

Sonia Basoni - detikFood Jumat, 23 Jul 2021 05:00 WIB
Rahasia Umur Panjang, Orang Jepang Sarapan Menu Sehat Ini Foto: Site/iStock
Jakarta -

Selain sayuran dan buah, menu sarapan tradisional khas Jepang disebut mampu membantu menangkal virus COVID-19. Karena kandungan nutrisi pada makanan tersebut.

Setiap negara tentunya memiliki hidangan atau menu sarapan masing-masing, yang disantap banyak orang di sana. Salah satunya Jepang, yang bisa dibilang tak main-main masalah menu sarapan. Tak hanya telur atau roti saja, menu sarapan khas Jepang ini terbilang lengkap dan sehat.

Komposisi antara protein, sayuran, hingga nutrisi dan vitaminya seimbang. Rasanya juga enak dan mengenyangkan. Ditambah menu sarapan tradisional khas Jepang ini, disebut bisa mencegah tubuh terpapar dari virus COVID-19.

Berikut beberapa fakta menarik seputar menu sarapan tradisional khas Jepang yang disebut bisa mencegah virus COVID-19, seperti yang dilansir dari The Weekend Leader (22/07).

Baca Juga: 6 Buah Terbaik Dikonsumsi Saat Sarapan Menurut Para Ahli

Menu Sarapan Gizi Seimbang

Menu sarapan tradisional JepangMenu sarapan tradisional Jepang Foto: Savor Japan

Menu sarapan di Jepang cukup lengkap. Berbeda dengan sarapan khas Western yang lebih fokus ke roti atau potongan daging. Jepang, lebih fokus ke menu sehat.

Hidangan ini biasanya terdiri dari satu mangkuk nasi putih, tofu, cakalang serut (bonito flakes), sup miso, acar, telur mentah dan tidak ketinggalan natto. Menu terakhir ini merupakan fermentasi kacang kedelai yang jadi menu wajib sarapan di Jepang.

Paduan menu sarapan yang sehat ini, membuat Jepang masuk ke dalam salah satu negara yang memiliki menu sarapan paling sehat dan tentunya bermanfaat untuk kesehatan. Bahkan menu sarapan ini disebut sebagai salah satu rahasia dari panjang umur orang-orang tua di Jepang.

Telur Mentah di Atas Nasi

Rahasia Umur Panjang, Orang Jepang Sarapan Menu Sehat IniOrang Jepang Sarapan Menu Sehat Ini Foto: Site/iStock

Selain sehat dan kaya protein, semua menu sarapan di Jepang tampak enak dan mengenyangkan. Ada beberapa faktor yang mendorong mengapa menu sarapan ini jadi rahasia panjang umur orang Jepang.

Lewat beberapa data dari Tsunaga Japan, telur mentah biasanya dicampur dengan nasi putih hangat, kemudian dicampur dengan kecap asin sebelum dimakan.

Semua telur yang digunakan di Jepang sudah melalui tahap pengecekan kualitas. Jadi kebersihannya terjaga meskipun dimakan mentah.


Selain telurnya yang sehat, ada juga beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa banyak orang setengah baya yang makan natto atau miso, yang dicampur ke dalam sushi atau sup jauh lebih panjang umur. Risiko kematian dini mereka turun hingga 10%.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Masak Masak: Menu Sarapan Omelet Sehat ala Richard Kyle"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
eLife
×
Di Balik Gemerlap Host Livestreaming Online
Di Balik Gemerlap Host Livestreaming Online Selengkapnya