5 Sayuran Segar yang Mempercepat Pemulihan Tubuh Setelah Terpapar COVID-19

Sonia Basoni - detikFood Rabu, 07 Jul 2021 07:00 WIB
Steamed broccoli in a bowl close up Foto: iStock
Jakarta -

Setelah sembuh dari COVID-19, konsunsi sayuran bisa pulihkan kondisi tubuh lebih cepat. Beberapa jenis sayuran ini membuat tubuh lebih sehat dan energi pun bertambah.

Pola hidup sehat tentunya harus selalu diterapkan, terutama setelah sembuh dari COVID-19. Biasanya tubuh membutuhkan beberapa waktu agar kembali ke kondisi prima. Untuk mempercepat proses pemulihan tubuh, ada beberapa sayuran yang direkomendasikan oleh ahli gizi.


Dilansir dari Pinkvilla (07/07), ahli gizi sekaligus ahli nutrisi asal India, Shweta Gupta membagikan sayuran apa saja yang bagus untuk meningkatkan sistem imunitas, mengganti nutrisi yang hilang sampai menambah energi usai sakit.

Berikut lima sayuran sehat yang disarankan ahli gizi untuk dikonsumsi setelah terpapar COVID-19, agar lebih cepat pulih.

Baca Juga: 7 Makanan yang Pantang Dikonsumsi Pasien Covid-19 Menurut Ahli Gizi

1. Bayam

Baby SpinachBaby Spinach Foto: iStock

Masuk ke dalam jajaran superfood, bayam ini dipenuhi dengan berbagai vitamin dan nutrisi. Seperti vitamin A, B, C, E dan K. Lengkap dengan tambahan iron serta beta karoten, yang semua komposisi ini mampu mendorong imunitas tubuh agar lebih kuat.

Terutama setelah sembuh dari sakit. Sayuran hijau ini juga mengandung omega-3 hingga folate dan lutein, yang membantu pembentukan otot dan menggantikan energi yang hilang selama sakit.

Bayam mudah didapatkan di mana-mana dan harganya terjangkau. Cocok dijadikan menu sarapan di pagi hari atau jadi menu makan siang yang kaya nutrisi, dan pastinya menyehatkan untuk pemulihan tubuh.

2. Brokoli

Stir fried broccoli with garlic - home cookStir fried broccoli with garlic - home cook Foto: Getty Images/iStockphoto/Nirad

Mirip dengan manfaat dari bayam, sayuran brokoli tak kalah sehat karena menyimpan segudang manfaat untuk kesehatan tubuh. Kaya akan vitamin C, brokoli punya kandungan magnesium, potassium hingga zinc.

Kandungan ini membuat brokoli jadi pilihan sayur yang pas untuk memulihkan tubuh setelah terpapar COVID-19. Karena bisa meningkatkan sistem imunitas tubuh, sampai mengukur kadar gula darah pada tubuh.

Brokoli juga cocok dimakan untuk orang-orang yang sulit buang air besar. Karena brokoli mengandung serat dan air yang bermanfaat untuk mendorong, atau merangsang gerakan usus hingga pencernaan jadi lebih lancar.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Resto di Jakarta Ini Sajikan Menu dari Hasil Panen di Kebun Sendiri"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com