7 Makanan yang Pantang Dikonsumsi Pasien Covid-19 Menurut Ahli Gizi

Tim Detikfood - detikFood Sabtu, 03 Jul 2021 05:00 WIB
Cuma di Jerman! Sosis Bisa Tangkap Buronan Perampok Foto: iStock
Jakarta -

Pasien Covid-19 harus mengonsumsi makanan bernutrisi. Tetapi tidak sembarang makanan. Ada beberapa makanan yang pantang dikonsumsi.

Saat membuka unggahan story pada Instagram atau WhatsApp, tak jarang ditemukan foto berupa bingkisan makanan pada pasien Covid-19. Unggahan tersebut juga berisikan doa dan harapan agar segera sembuh.

Tidak ada salahnya memberikan dukungan kesembuhan pada pasien Covid-19, apalagi jika mereka adalah orang terdekat.

Namun, perlu diingat, tidak semua jenis makanan bisa diberikan pada pasien Covid-19. Beberapa jenis makanan harus dihindari. Beberapa makanan itu, bukannya mendukung kesembuhan, justru bisa memperparah kondisi pasien Covid-19.

"Banyak orang berbagi kiriman, tapi ternyata yang dikirim bikin penerima yang lagi isolasi mandiri makin parah," kata ahli gizi masyarakat, dr Tan Shot Yen kepada CNNIndonesia.com, Rabu (30/6).

Berikut beberapa jenis makanan yang pantang dikonsumsi pasien Covid-19. Sebaiknya tidak diberikan pada pasien Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri.

1. Gorengan

Siapa bisa melewatkan gorengan yang krispi dengan rasa asin-gurih yang bikin ngiler? Tapi, gorengan tidak boleh diberikan pada pasien Covid-19. Tan Shot Yen mengatakan, senyawa yang terbentuk dari proses menggoreng bisa memperburuk sindrom metabolik juga menyebabkan peradangan.

Fried chicken7 Makanan yang Pantang Dikonsumsi Pasien Covid-19 Menurut Ahli Gizi. Foto: iStock

2. Makanan cepat saji

Ada banyak makanan cepat saji dengan klaim 'vegan food' yang kesannya menyehatkan. Namun, pada pasien Covid-19, sebaiknya hindari konsumsi makanan cepat saji.

Tan Shot Yen mengatakan, pangan cepat saji cenderung mengandung phthalates yang berasal dari kemasan plastik yang rembes ke makanan.

"Zat ini dapat menyebabkan gangguan imunitas dan menekan keragaman bakteri usus yang akhirnya mengganggu imunitas lagi," ucap Tan Shot Yen.

3. Daging yang diawetkan

Daging yang dibekukan dalam kemasan cenderung mengandung lemak jenuh tinggi. Padahal, lemak jenuh tinggi bisa mengacaukan sistem kekebalan tubuh. Mengonsumsi daging kalengan atau daging yang diawetkan bisa menghambat proses penyembuhan pasien Covid-19.

Makanan apa saja yang pantang dikonsumsi pasien Covid-19? Cek daftar lengkapnya DI SINI !



Simak Video "Pepes Bluluk, Cita Rasa Pepes Tak Biasa dari Borobudur"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com