Bergizi Seimbang, Menu Sarapan Jepang Disebut Bisa Tangkal COVID-19

ADVERTISEMENT

Bergizi Seimbang, Menu Sarapan Jepang Disebut Bisa Tangkal COVID-19

Sonia Basoni - detikFood
Jumat, 23 Jul 2021 05:00 WIB
Rahasia Umur Panjang, Orang Jepang Sarapan Menu Sehat Ini
Foto: Site/iStock

Penangkal COVID-19

menu sarapan orang jepangmenu sarapan orang jepang Foto: iStock

Jika selama ini natto selalu disebut sebagai rahasia panjang umur orang Jepang. Ternyata tak hanya itu manfaatnya. Menurut penelitian terbaru yang dilansir dari The Weekend Leader, natto yang memiliki aroma menyengat dan sedikit tak sedap bisa menangkal COVID-19.

Hal ini dijelaskan dalam penelitian yang dilakukan oleh Tokyo University of Agriculture and Technology (TUAT). Mereka menemukan bahwa ekstrak natto yang lengket dan aromanya menyengat, dapat menghambat kemampuan virus SARS-CoV-2 untuk menginfeksi sel.

SARS-CoV-2 ini merupakan jenis virus yang menyebabkan COVID-19.

Natto Jadi Menu Sarapan Sehat

NATTO, Sarapan JepangNATTO, Sarapan Jepang Foto: gettyimage

"Sejak dulu, orang-orang di Jepang memang sudah percaya bahwa natto ini memang memiliki banyak manfaat kesehatan," jelas Tetsuya Mizutani selaku salah satu ketua penelitian di TUAT.

"Dalam beberapa tahun terakhir, ada beberapa penelitian yang menunjukkan bukti ilmiah tentang manfaat natto. Dalam penelitian kali ini kami mempelajari tentang efek antiviral dari natto ke SARS-CoV-2, virus yang menyebabkan COVID-19. Serta bovine herpesvirus 1 (BHV-1), yang menyebabkan penyakit saluran pernapasan pada sapi," lanjut Mizutani.

Untuk menemukan hasilnya, mereka mengambil ekstrak natto dari makanan. Kemudian satu sampel dipanaskan, sementara satunya lagi tidak. Kemudian kedua sampel natto itu dimasukkan ke dalam sel virus yang diambil dari sapi dan manusia.

Satu sel sudah terpapar virus SARS-CoV-2, sementara yang satu lagi sudah terinfeksi BHV-1.

Ketika ekstrak natto yang tidak dihangatkan disuntikkan ke setiap sel tersebut, kedua virus itu langsung kehilangan kemampuan untuk menginfeksi sel. Sementara tidak ada efek yang berarti pada ekstrak natto yang sudah dipanaskan.



Simak Video "Berburu Sushi Kaki Lima Enak di Belakang Grand Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT