7 Tips Jitu agar Makananmu Jadi Lebih Sehat

Diah Afrilian - detikFood Kamis, 22 Jul 2021 06:00 WIB
[size=12]Asian woman is happy holding salad and a fork in her hand
[/size]

[url=http://www.istockphoto.com/search/portfolio/7795483/?facets=%7B%2225%22%3A%226%22%7D#fef7e09][img]http://goo.gl/JLoF3[/img][/url] Foto: Getty Images/iStockphoto/vitchanan

3. Perhatikan Asupan Lemak, Gula dan Garam

kelebihan konsumsi garam, gula dan lemakFoto: iStock

Lemak, gula dan garam menjadi komposisi yang baik jika dikonsumsi secara tepat, tetapi sangat buruk jika dikonsumsi berlebihan. Lemak yang menumpuk di dalam tubuh sangat berbahaya bagi pembuluh darah dan jantung, begitu pula dengan garam.

Mengurangi asupan lemak, mengganti gula yang berkalori rendah serta menyesuaikan penggunaan garam secukupnya sangat diperlukan. Ketiga bahan tersebut dianggap cukup krusial penggunaannya jika ingin mendapatkan makanan yang sehat.

4. Gunakan Biji-Bijian Utuh

Biji-bijian utuh dianggap sebagai makanan superfood yang sangat berkhasiat untuk kesehatan. Biji-bijian utuh ini tidak memiliki bahan tambahan yang bisa mengganggu kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Biji-bijian utuh ini bisa dikonsumsi melalui tepung gandum, beras merah atau bahkan kacang-kacangan. Biji-bijian utuh punya manfaat yang sangat baik untuk tubuh terutama organ vital seperti jantung.

5. Konsumsi Makanan Tradisional

nasi pecel Foto: Istimewa

Makanan tradisional memang memiliki bentuk yang cukup sederhana. Tetapi tanpa disadari makanan tradisional jauh lebih sehat dan padat nutrisi dibandingkan dengan makanan yang populer dan banyak digemari.

Beberapa di antaranya pecel madiun, gado-gado, karedok atau makanan tradisional lainnya. Makanan-makanan tradisional biasanya dibuat dengan banyak komposisi sayur-sayuran dan bahan tersebut yang membuatnya begitu padat nutrisi.

6. Ganti Penggunaan Keju dan Krim

Keju dan krim sebenarnya punya kandungan lemak yang cukup tinggi dan diwaspadai. Olahan susu sapi ini melalui proses yang cukup panjang serta beberapa bahan tambahan yang tidak semuanya baik untuk tubuh.

Susu sapi dan produk olahannya sebenarnya bisa digantikan dengan bahan-bahan yang lebih alami. Misalnya seperti santan, susu almond atau bahkan susu kacangmede.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Ngopi dan Ngemil Sehat ala Growell Coffee Senopati"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com