30 Resep Kambing & Sapi Idul Adha

Setelah Puas Makan Daging, Konsumsi 5 Buah Tinggi Serat Ini

Diah Afrilian - detikFood Rabu, 21 Jul 2021 14:00 WIB
sorbet mangga Foto: iStock

3. Pisang

Manfaat Pisang untuk WanitaFoto: Thinkstock

Pisang dikenal sebagai buah padat nutrisi yang punya banyak manfaat kesehatan. Salah satu manfaatnya yang paling dikenal adalah sumber energi dari kandungan potasium yang dapat membantu memproduksi energi secara instan.

Selain kemampuannya untuk memproduksi energi, ternyata pisang juga punya kandungan serat yang sangat baik bagi kesehatan organ pencernaan. Pisang bahkan dikatakan mampu mempercepat proses pencernaan.

Pisang dapat memberikan efek antasida yang melindungi dinding lambung dengan memproduksi lapisan perut. Efek antasida pada pisang ini dikatakan juga dapat mengatasi bakteri yang mengganggu pada saluran pencernaan, bahkan mampu meredam lonjakan asam lambung setelah terlalu banyak makan makanan panas seperti daging.

4. Jambu Biji

Buah yang kaya manfaat ini banyak sekali ditemukan di Indonesia. Buah dengan tekstur renyah yang menyegarkan ini bahkan diakui dapat menjadi solusi bagi beragam permasalahan pada perut dan pencernaan.

Jambu biji terbukti memiliki kandungan serat yang sangat kaya dan diakui oleh Dr. ANju selaku ahli gizi dari Bangalore, India. Fakta ini juga didapatkan melalui perbandingan antara jus jambu biji dengan jus buah lainnya yang dapat memenuhi 12% dari kebutuhan serat harian yang direkomendasikan.

Tingginya kandungan serat pada jambu biji dikatakan sangat baik untuk menjaga kesehatan dan kelancaran pencernaan. Bahkan bagian biji dari jambu biji ini jika ikut tertelan dapat bermanfaat sebagai solusi sembelit dan membantu melunakkan sisa-sisa makanan dalam usus.

5. Mangga

sorbet manggaFoto: iStock

Buah kuning yang legit dan manis ini ternyata punya manfaat yang sangat baik untuk menjaga kesehatan pencernaan. Terutama pada saat mengonsumsi banyak daging, mangga memiliki enzim yang dapat memecahkan dan mencerna protein.

Selain enzimnya, mangga juga punya kandungan serat yang tinggi dan baik untuk menjaga pencernaan. Kandungan serat yang tinggi pada mangga juga dapat membuat alur pencernaan lebih lembut dan melancarkan sisa-sisa makanan untuk keluar dari dalam usus.

Nutrisi mangga bahkan disebut ahli gizi juga memiliki manfaat kesehatan jangka panjang yang baik. Diantaranya menurunkan risiko perkembangan kanker usus besar, penyakit jantung hingga diabetes tipe 2.

Baca juga: 10 Makanan untuk Menurunkan Kolesterol yang Tidak Sulit Didapat

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Hati-hati Kolesterol Naik! Perhatikan Tips Mengonsumsi Daging Kurban"
[Gambas:Video 20detik]

(dfl/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com