5 Buah Favorit Nabi Muhammad SAW Ini Bisa Tingkatkan Imunitas

Diah Afrilian - detikFood Minggu, 18 Jul 2021 05:00 WIB
anggur Foto: iStock
Jakarta -

Anjuran Nabi Muhammad SAW biasanya punya manfaat kesehatan. Termasuk buah-buahan yang dikonsumsi saat jalani puasa Idul Adha ini yang ternyata baik untuk imunitas.

Nabi Muhammad SAW diketahui memiliki kebiasaan hidup yang sehat. Pola makan dan hidup Rasulullah yang sehat ini bahkan menjadi anjuran dan disunnahkan untuk juga dilakukan umat muslim.

Salah satu yang paling dianjurkan adalah konsumsi makanan sehat berupa buah kesukaan Nabi Muhammad SAW yang ternyata punya banyak manfaat. Buah-buahan tersebut bahkan diutamakan untuk dikonsumsi saat melaksanakan ibadah puasa seperti puasa Idul Adha.

Buah yang disarankan oleh Rasulullah ini tinggi antioksidan dan vitamin yang dapat menguatkan imunitas selama pandemi. Ini menjadi bonus bagi umat Muslim yang mengikutinya karena bisa mendapatkan kesehatan sekaligus pahala menjalankan sunnah agama.

Berikut ini 5 buah favorit Nabi Muhammad SAW saat berpuasa yang bagus untuk imunitas:

Dried apricots, dates, raisins and various nuts, vintage wooden background, selective focusFoto: iStock

1. Kurma

Popularitas kurma saat menjalankan ibadah puasa sudah tidak diragukan lagi. Kurma selalu hadir dalam berbagai hadis dan Alquran sebagai buah yang sangat disarankan untuk rutin dikonsumsi.

Kandungan kalori kurma yang tinggi sangat disarankan untuk dikonsumsi terutama pada waktu sahur dan berbuka puasa. Kandungan antioksidan dan nutrisi kurma yang tinggi juga bermanfaat untuk melindungi imunitas, mengendalikan gula darah dan beragam manfaat lainnya. Tetapi konsumsinya tetap harus dibatasi.

Baca juga: 10 Makanan Sehat yang Jadi Favorit Nabi Muhammad SAW

2. Delima

Pada beberapa surat dalam Alquran, buah delima juga kerap kali disebutkan. Buah delima yang tinggi antioksidan bahkan dijuluki sebagai buah dari surga. Rasa yang enak dan kaya akan manfaat membuatnya sangat disarankan.

Bahkan pada sebuah penelitian yang dipublikasi pada Journal Food and Nutrition juga mengatakan bahwa demila punya banyak manfaat dan khasiat. Salah satunya kandungan antioksidan yang mendominasi dalima bahkan dikatakan dapat mengurangi risiko kanker hingga 40%.

Antioksidan dalam buah delima juga mampu menangkal virus yang masuk dan mengganggu imunitas tubuh. Konsumsi buah delima secara rutin bahkan dikatakan dapat memperlambat penuaan dan membuat awet muda.

3. Anggur

anggurFoto: iStock

Bukan hanya kurma yang khas dari tanah Arab, anggur juga menjadi buah kesukaan Nabi Muhammad SAW yang sering dikonsumsi. Tidak hanya dalam kondisi segar, Nabi juga kerap mengonsumsi anggur yang sudah dikeringkan atau kismis.

Dalam sebuah hadis, Rasulullah mengatakan bahwa terdapat manfaat untuk pengobatan dalam buah berbentuk bulat tersebut. Hal ini bahkan juga telah dibuktikan secara ilmiah.

Para ahli menyatakan bahwa kandungan flavonoid dalam anggur dapat mengurangi risiko kanker dan inflamasi. Selain itu komponen nutrisi dalam anggur punya khasiat yang baik untuk memperkuat imunitas tubuh.

4. Zaitun

Zaitun dipercaya sebagai buah dengan seribu manfaat dan kegunaan. Buah zaitun dan kehidupan Rasulullah bahkan dikatakan tidak bisa dipisahkan antara keduanya.

Dalam sebuah hadis, Rasulullah mengatakan bahwa zaitun merupakan tumbuhan suci yang dapat mengobati beragam penyakit setidaknya 70 jenis penyakit.

Penelitian internasional pada Journal of Health Sciences juga mengatakan bahwa buah zaitun dapat bekerja sebagai antiinflamasi dan analgesik. Buah yang kaya akan antioksidan ini sangat baik untuk kesehatan jantung, kulit serta menguatkan imunitas tubuh.

5. Melon dan Semangka

semangkaFoto: iStock

Kedua buah yang kaya akan kandungan air, antioksidan, vitamin A, B, C, folat dan banyak vitamin lainnya ini begitu berkhasiat. Bahkan semangka juga terbukti mengandung likopen yang mampu menurunkan risiko kanker.

Ada sebuah hadis yang juga menerangkan bahwa Nabi Muhammad SAW seringkali mengonsumsi kurma bersamaan dengan salah satu jenis buah lainnya. Hal ini menjadi perdebatan para ulama yang menganggap bahwa buah tersebut adalah antara melon dan semangka.

Kandungan antioksidan pada kedua buah tersebut juga sangat baik untuk menangkal serangan virus sehingga tidak mengganggu imunitas tubuh. Kandungan airnya yang tinggi juga cocok untuk menghilangkan dahaga saat berbuka puasa.

Baca juga: Anjuran Rasulullah SAW, Makan Buah Sebelum Makan Makanan Berat



Simak Video "Surabi Kurma, Menu Takjil untuk Berbuka Puasa"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com