Cara Menaikkan Berat Badan Secara Sehat, Ikuti 5 Tips Ini

Yenny Mustika Sari - detikFood Sabtu, 17 Jul 2021 07:00 WIB
Young beautiful blonde sporty woman on diet holding weight machine over pink background stressed with hand on head, shocked with shame and surprise face, angry and frustrated. Fear and upset for mistake. Foto: Getty Images/iStockphoto/AaronAmat
Jakarta -

Orang yang terlalu kurus juga mengidamkan berat badan ideal. Beberapa cara menaikkan berat badan secara sehat bisa diterapkan agar berat badan naik.

Berat badan ideal tak hanya bisa didapatkan dari diet menurunkan berat badan saja. Bagi orang yang terlalu kurus, berat badan ideal bisa didapatkan dari menaikkan berat badan.

Sebagian orang berpikir menaikkan berat badan bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan yang banyak dari biasanya. Namun, kalau tidak tepat melakukannya malah bisa mengalami masalah kesehatan.

Dilansir dari Doctor NDTV (15/7), ada beberapa cara menaikkan berat badan secara sehat. Mulai dari berolahraga hingga mengonsumsi makanan tinggi protein.

Berikut 5 cara menaikkan berat badan secara sehat.

1. Olahraga Rutin

Cara menaikkan berat badan secara sehatCara menaikkan berat badan secara sehat Foto: iStock

Olahraga tak hanya dilakukan untuk program menurunkan berat badan saja, tapi juga menaikkan berat badan. Ada beberapa jenis olahrga yang bisa melibatkan pemecahan otot dan pembentukan massa otot tanpa lemak.

Sehingga berat badan bisa bertambah dengan cara yang sehat. Fokuskan pada olahraga yang menggunakan beban, seperti mengangkat barbel. Daripada olahraga kardio untuk menambah berat otot.

Baca Juga: Perkuat Imun, Jahe Tertulis dalam Al-Qur'an sebagai Bahan Minuman Surga

2. Konsumsi Makanan Tinggi Protein

Cara menaikkan berat badan secara sehatCara menaikkan berat badan secara sehat Foto: iStock

Tak hanya berolahraga secara rutin, kamu juga harus mengimbanginya dengan mengonsumsi makanan bernutrisi tinggi. Salah satunya makanan tinggi protein.

Karena olahraga melibatkan pemecahan massa otot, maka untuk memperbaiki dan membangun otot tanpa lemak memerlukan dukungan nutrisi dari protein yang sangat penting. Makanan tinggi protein yang bisa kamu konsumsi adalah kacang-kacang-an, ayam, produk susu, telur, dan lainnya.

Kamu bisa mengonsumsi 2-3 butir telur rebus. Bisa juga tambahkan daging dada ayam kukus sebagai lauk pelengkap menu makan harianmu. Konsumsi juga 1-2 gelas susu secara rutin.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Minum Kopi Bisa Bantu Turunkan Berat Badan?"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com