Keseruan Bule Norwegia Cicip Nasi Uduk Telur Balado di Kaki Lima

Yenny Mustika Sari - detikFood Selasa, 13 Jul 2021 13:00 WIB
Bule Norwegia Makan Nasi Uduk Foto: YouTube Mathias Pettersen
Jakarta -

Bule biasanya menikmati sandwich saat sarapan. Tapi saat tinggal di Jakarta, ia mencoba sarapan nasi uduk dengan lauk telur balado dari penjual kaki lima.

Sarapan di setiap negara memiliki perbedaan dan ciri khas tersendiri. Biasanya bule dari negara Barat sarapan dengan omelet, roti panggang, atau sandwich.

Berbeda halnya dengan Indonesia yang terbiasa sarapan dengan menu berat. Seperti nasi uduk, lontong sayur, nasi goreng, ketupat tahu, dan lainnya.

Baca Juga: Sejarah Susu Kental Manis yang Patut Anda Ketahui

Seorang bule asal Norwegia bernama Mathias Pettersen membagikan videonya saat mencoba sarapan dengan menu Indonesia. Dalam videonya, ia terlihat mengunjungi seorang penjual kaki lima yang menawarkan nasi uduk khas Betawi.

Bule Norwegia Makan Nasi UdukBule Norwegia Makan Nasi Uduk Foto: YouTube Mathias Pettersen

Penjual nasi uduk kaki lima itu berjualan di pinggiran jalan kawasan Jakarta Pusat. Nasi uduk yang penjual itu tawarkan memiliki beragam lauk. Mulai dari aneka semur, bihun goreng, perkedel, telur balado, telur dadar dan sambal.

Mathias pun mencicipinya untuk pertama kali. Sebelumnya ia menanyakan kepada penjual dan beberapa driver ojek online soal kelezatan nasi uduk itu. Mereka pun menjawabnya kalau nasi uduk enak.

"Enak dong!" kata penjual.

"Mantap!" imbuh driver ojek online.

Bule Norwegia Makan Nasi UdukBule Norwegia Makan Nasi Uduk Foto: YouTube Mathias Pettersen

Mathias langsung memesan satu porsi nasi uduk sarapan. Ia menambahkan beragam lauk, seperti orek tempe, kentang balado, bihun goreng, perkedel, dan telur balado.

"Berarti mau tempe bu, sambal kentang, perkedel, yang ini (bihun goreng), mau telur juga 1," ujar Matthias Pettersen dengan bahasa Indonesia.

Baca Juga: Roy Kiyoshi Ungkap Makanan dari Warung Pakai Penglaris Ini Dikencingi Tuyul!

Satu porsi nasi uduk yang dipesan Mathias tampak menggugah selera. "Lihatlah sarapan pertamaku, ini sangat bagus. Lihat juga warung kecil ini dan tampaknya ini warung yang populer karena banyak yang datang jadi aku pikir rasanya enak," ujarnya menggunakan bahasa Inggris.

Bule Norwegia Makan Nasi UdukBule Norwegia Makan Nasi Uduk Foto: YouTube Mathias Pettersen

Mathias pun menikmati seporsi nasi uduk itu dengan santai. Ia menikmatinya sampai habis dan tidak tampak aneh ketika mencicipinya.

Setelah menikmati nasi uduk, Mathias melanjutkan perjalanannya untuk minum secangkir kopi di salah satu coffee shop. Ia juga menaiki bajaj menuju Monumen Nasional (MONAS).

Sampai saat ini videonya sudah ditonton 55 ribu kali. Netizen Indonesia juga banyak meninggalkan komentar.

"Kopi + nasi uduk = perfect morning," komentar netizen.

"Setelah ini, kamu bisa coba lontong sayur dan bubur ayam," sahut netizen lain.

Baca Juga: 5 Aksi Protes Pedagang Makanan saat PPKM Darurat ini Bikin Netizen Iba



Simak Video "Bikin Laper: Nasi Bakar Pak Yudhi yang Mirip Sajian Hari Raya"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com