Black Garlic, Bawang Putih Hitam Kaya Khasiat untuk Tingkatkan Imunitas

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 15 Jul 2021 07:00 WIB
Black Garlic, Bawang Putih Hitam Kaya Khasiat untuk Tingkatkan Imunitas Foto: Getty Images/iStockphoto/ma-no

4. Mengontrol gula darah

Manfaat lain dari konsumsi black garlic adalah mengontrol gula darah, termasuk pada pasien diabetes. Kondisi gula darah terkontrol penting untuk kesehatan karena bisa menghindari penyakit komplikasi serius.

Penelitian juga membuktikan black garlic bagus untuk mengurangi risiko penyakit jantung. Hal ini karena black garlic menurunkan kadar kolesterol buruk dan meningkatkan kadar kolesterol baik dalam darah.

Black Garlic, Bawang Putih Hitam Kaya Khasiat untuk Tingkatkan ImunitasBlack Garlic, Bawang Putih Hitam Kaya Khasiat untuk Tingkatkan Imunitas Foto: Getty Images/iStockphoto/ma-no

5. Melindungi otak dan bersifat antikanker

Black garlic bisa diandalkan untuk menjaga kesehatan otak. Di dalamnya terdapat senyawa yang melindungi otak dari kehilangan memori dan penyakit degeneratif seperti Alzheimer. Hal ini dibuktikan dalam penelitian terhadap tikus.

Selain itu, beberapa penelitian mengungkap efek positif konsumsi black garlic untuk melawan sel kanker. Aktivitas antikanker ini ditemukan lebih kuat pada black garlic dibanding bawang putih mentah.

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com