Black Garlic, Bawang Putih Hitam Kaya Khasiat untuk Tingkatkan Imunitas

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 15 Jul 2021 07:00 WIB
Black Garlic, Bawang Putih Hitam Kaya Khasiat untuk Tingkatkan Imunitas Foto: Getty Images/iStockphoto/ma-no

2. Nutrisi black garlic

Food Data Central dari US Department of Agriculture (USDA) mengungkap tiap 100 gram black garlic mengandung 143 kkal, 3.57 gram protein, 7.14 gram lemak, 14.29 gram karbohidrat, 3.6 gram serat, 71 mg kalsium, 1.29 mg zat besi, 571 mg natrium, dan 4.3 gram vitamin C.

Dikutip dari Hello Sehat (14/7), kalori black garlic memang lebih tinggi dibanding bawang putih karena kandungan gulanya yang juga tinggi. Dalam tiap 35 gram black garlic mengandung setidaknya 8 gram gula. Karenanya black garlic terasa lebih manis.

Black garlic memiliki mineral yang lebih tinggi karena proses pengolahannya. Mineral tersebut antara lain eng (zinc), kalium, magnesium, zat besi, mangan, fosfor, selenium, tembaga, natrium, kalsium, dan sulfur.

Black Garlic, Bawang Putih Hitam Kaya Khasiat untuk Tingkatkan ImunitasBlack Garlic, Bawang Putih Hitam Kaya Khasiat untuk Tingkatkan Imunitas Foto: Getty Images/iStockphoto/ma-no

3. Black garlic untuk tingkatkan imunitas

Salah satu keunggulan black garlic adalah mengandung lebih banyak antioksidan dibanding bawang putih mentah. Healthline (14/7) menjelaskan hal ini karena senyawa allicin pada bawang putih mentah berubah jadi senyawa antioksidan seperti alkaloid dan flavonoid setelah melalui proses pemanasan.

Antioksidan punya peran penting untuk melindungi sel dari kerusakan oksidatif yang pada akhirnya memicu beragam penyakit. Kemampuan antioksidan dalam mengurangi peradangan juga membuat tubuh lebih sehat dan bisa melawan berbagai infeksi.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com