5 Makanan untuk Jaga Kesehatan Mental di Tengah Pandemi Covid-19

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 14 Jul 2021 13:30 WIB
Teenage grl sitting on a staircase outside feeling depressed Foto: iStock
Jakarta -

Di tengah pandemi Covid-19, kesehatan mental perlu dijaga. Salah satunya dengan mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi baik untuk mendukung kesehatan mental.

Tak bisa dipungkiri pandemi Covid-19 turut memengaruhi kesehatan mental seseorang. Aturan yang mengharuskan kita di rumah saja, membatasi interaksi langsung dengan orang, hingga kabar duka dari orang-orang terdekat membuat tekanan mental kian terasa.

Belum lagi jika seseorang alami kesulitan ekonomi di tengah pandemi Covid-19. Juga perasaan cemas atau khawatir karena memikirkan risiko terkena penyakit Covid-19 setiap hari.

Semua hal tersebut, tanpa disadari, bisa membuat kesehatan mental terganggu. Gejalanya antara lain rasa cemas terus-menerus, marah berlebihan, menarik diri dari kegiatan sehari-hari, mudah tersinggung, hingga perubahan suasana hati yang drastis.

Kesehatan mental bisa dijaga dengan konsumsi makanan yang tepat. Hal ini lantaran otak dan saluran pencernaan saling berkaitan.

Saluran pencernaan merupakan rumah untuk miliaran bakteri yang mempengaruhi produksi neurotransmitter, senyawa kimia yang bertugas membawa pesan dari usus ke otak, termasuk hormon dopamine dan serotonin.

Dengan mengasup makanan sehat, pertumbuhan bakteri baik di dalam saluran pencernaan akan semakin banyak. Kondisi ini mempengaruhi produksi neurotransmitter secara positif.

Lantas makanan apa saja yang bagus dikonsumsi? Berikut 5 makanan untuk jaga kesehatan mental di tengah pandemi Covid-19:

1. Salmon

raw salmon filletFoto: Getty Images/iStockphoto/margouillatphotos

Kandungan asam lemak omega 3 pada salmon membuat ikan ini bagus dikonsumsi untuk menjaga kesehatan mental. Konsumsi omega 3 terbukti mampu mengurangi risiko seseorang terkena gangguan mental, salah satunya depresi.

Omega 3 juga bagus untuk meningkatkan memori dan fungsi belajar pada otak. Bonus lainnya, salmon mengandung vitamin D yang terkait dengan tingkat depresi lebih rendah. Selain salmon, ikan tinggi asam lemak omega 3 adalah tuna dan mackerel.

2. Ayam

Makanan untuk jaga kesehatan mental selanjutnya adalah daging ayam. Selain rasanya enak, ayam mudah diolah menjadi beragam sajian. Namun supaya tetap sehat di tengah pandemi Covid-19, pilihlah bagian dada yang rendah lemak. Olah dengan cara dipanggang, jangan digoreng.

Kaitan antara konsumsi daging ayam dan kesehatan mental adalah kandungan asam amino triptofan yang meningkatkan produksi serotonin. Serotonin membantu otak dalam mengatur suasana hati, melawan depresi, dan memperkuat memori.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Bukannya Rugi, Nasi Uduk Legendaris Ini Laris saat Pandemi"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com