5 Manfaat Susu Kambing, Mencegah Virus dan Sehatkan Paru-paru

Devi Setya - detikFood Kamis, 08 Jul 2021 11:00 WIB
Gorgeous white goats portrait on a sunset background. Foto: Getty Images/iStockphoto/piotr_malczyk
Jakarta -

Susu kambing sudah lama dikenal dengan khasiatnya. Beberapa keunggulannya adalah untuk mencegah terjangkit virus dan menjaga kesehatan paru-paru.

Konsumen susu kambing memang tak sebanyak susu sapi tetapi soal khasiat, susu kambing punya beberapa keunggulan. Nutrisi dalam susu kambing bisa menjaga kesehatan tubuh.

Dalam 100 ml susu kambing terkandung 64 kalori; 4,3 gram protein; 2,3 gram lemak dan 6,6 gram karbohidrat. Selain itu susu kambing juga mengandung kalsium, fosfor, zat besi, natrium dan kalium.

Tak hanya sering dikonsumsi dalam keadaan segar, susu kambing juga kerap diolah menjadi keju. Soal rasa, susu kambing juga tak kalah lezat. Susu kambing aman dikonsumsi secara rutin, beberapa jenis penyakit bahkan diklaim bisa sembuh dengan mengonsumsi susu kambing.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut khasiat susu kambing.

1. Menambah imunitas

Susu kambing memiliki banyak manfaat bagi tubuh karena kandungan nutrisi kompleks. Dalam susu kambing terkandung kalsium, protein dan asam lemak baik. Vitamin A yang berperan sebagai antioksidan juga bisa ditemukan dalam susu kambing.

Susu kambing juga terbukti bisa diserap tubuh dengan cepat, hal inilah yang membuat susu kambing dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jika tubuh dalam keadaan sehat dan sistem imun kuat maka virus tidak mudah masuk dan menginfeksi tubuh.

Tentu konsumsi kambing ini harus diiringi juga dengan pola makan dan gaya hidup sehat. Olahraga teratur, makan berbagai sumber nutrisi, hindari rokok dan pintar memanajemen stress. Tubuh yang sehat tidak akan mudah dimasuki virus.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com