7 Makanan Kaya Zinc untuk Tingkatkan Imunitas Tubuh

Yenny Mustika Sari - detikFood Rabu, 22 Jul 2020 09:00 WIB
7 Makanan Kaya Zinc untuk Imunitas Tubuh Foto: iStock
Jakarta -

Agar tubuh tetap sehat dan imunitas terjaga, makanan kaya zinc perlu rutin dikonsumsi. Apa saja makanan kaya zinc?

Tubuh sehat bisa didapat jika kita rutin mengonsumsi makanan sehat dan bergizi. Apalagi di tengah pandemi COVID-19 seperti sekarang, makanan kaya vitamin dan mineral perlu dikonsumsi. Salah satu mineral yang penting adalah zinc.

Dilansir dari Times of India (19/7), kandungan zinc pada beberapa makanan sangat dibutuhkan untuk berfungsinya lebih dari 300 enzim dalam tubuh. Hasilnya membuat imunitas tubuh tetap terjaga, memperkuat indra penciuman, membangun protein dan memicu pelepasan enzim.

Setidaknya dalam sehari, zinc yang wajib dikonsumsi sebanyak 8 miligram untuk wanita dan 11 miligram untuk pria. Zinc banyak terkandung dalam makanan, seperti daging hingga kerang.

Berikut 7 makanan kaya zinc untuk tingkatkan imunitas tubuh.

Baca Juga: 7 Makanan Kaya Antioksidan Untuk Menjaga Tubuh Tetap Sehat

1. Produk Susu

7 Makanan Kaya Zinc untuk Imunitas Tubuh7 Makanan Kaya Zinc untuk Imunitas Tubuh Foto: iStock

Susu merupakan minuman sehat yang mangandung sejumlah nutrisi penting, seperti kalsium dan protein. Susu juga punya kandungan zinc yang dapat digunakan untuk meningkatkan imunitas tubuh. Dilansir dari Diet and Fitness Today (21/7), dalam 100 gram susu mengandung 0,38 miligram zinc.

Tak hanya berbentuk minuman cair, susu juga bisa dijadikan produk lain seperti yogurt dan keju. Produk susu bisa dikonsumsi secara rutin, apalagi mengolahnya juga tak susah. Karena bisa dijadikan campuran makanan atau minuman lain.

2. Telur

7 Makanan Kaya Zinc untuk Imunitas Tubuh7 Makanan Kaya Zinc untuk Imunitas Tubuh Foto: iStock

Telur merupakan makanan kaya nutrisi yang disukai banyak orang. Dikenal sebagai makanan kaya protein, telur juga mengandung zinc yang diperlukan tubuh. Setidaknya dalam 1 butir telur berukuran besar mengandung 5% kebutuhan zinc harian Anda.

Tak hanya protein dan zinc saja, telur juga dilengkapi dengan vitamin B, lemak omega-3, selenium, dan lainnya. Untuk mengonsumsi telur juga tak perlu bingung karena bisa dijadikan beragam makanan lezat. Seperti telur rebus, omelet, scramble eggs, hingga campuran makanan lainnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Makan di Warung Ini Gratis Bagi yang Terdampak Pandemi Corona"
[Gambas:Video 20detik]