Usai Vaksinasi Covid-19, Penderita Diabetes Disarankan Konsumsi Makanan Ini

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 07 Jul 2021 18:30 WIB
Sudah Vaksin Covid-19, Apa Benar Jadi Aman Makan di Restoran? Foto: Getty Images/iStockphoto/Nattakorn Maneerat
Jakarta -

Program vaksinasi Covid-19 digencarkan pemerintah untuk semua kalangan. Bagi penderita diabetes, ada beberapa makanan yang disarankan untuk dikonsumsi usai vaksinasi Covid-19.

Vaksin Covid-19 memang bukan obat atau 100% alat pencegah seseorang dari serangan virus Corona, namun perlindungan dari vaksin Covid-19 sangat dibutuhkan saat ini. Karenanya pemerintah berbagai negara begitu menggencarkan program vaksin Covid-19.

Bagi yang belum vaksinasi Covid-19, tak perlu khawatir dengan gejala usai vaksin yang mungkin dialami. Gejala ini belum tentu terjadi dan bisa berbeda antar orang.

Gejala tak mengenakkan usai vaksinasi Covid-19 juga bisa diminimalisir dengan pola makan tepat, termasuk untuk para penderita diabetes. Ada beberapa makanan yang disarankan untuk banyak dikonsumsi setelah vaksin. Makanan ini bersifat menguatkan imunitas tubuh.

Dirangkum detikfood dari Food NDTV (7/7), berikut 5 makanan yang sebaiknya dikonsumsi penderita diabetes usai vaksinasi Covid-19:

1. Ikan

Ikan merupakan sumber protein hewani menyehatkan. Ikan memiliki sifat antiinflamasi dan beberapa bahkan kaya asam lemak omega 3. Konsumsi ikan setelah vaksinasi Covid-19 bisa memperkuat imunitas tubuh.

Beberapa ikan yang bisa jadi pilihan adalah salmon, sarden, dan tuna kalengan. Konsumsi ikan ini juga punya manfaat lebih yaitu menyehatkan jantung.

2. Sup ayam

8 Makanan untuk Atasi Sakit Tenggorokan, Ada Sup Ayam hingga PisangFoto: Getty Images/iStockphoto/seb_ra

Saat sakit atau tak enak badan, sup ayam selalu dicari untuk membuat tubuh lebih sehat. Sup ayam merupakan sumber protein yang sangat bagus sehingga bisa dikonsumsi 2-3 kali seminggu usai vaksinasi Covid-19.

Daging ayam juga cocok dikonsumsi penderita diabetes dan hipertensi karena tak membahayakan kadar gula darah maupun tekanan darah. Konsumsi sup ayam dengan tambahan banyak sayuran agar lebih bernutrisi.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com