7 Manfaat Sehat Rutin Konsumsi Bawang Bombay

Diah Afrilian - detikFood Senin, 12 Jul 2021 08:00 WIB
7 Manfaat Sehat Rutin Konsumsi Bawang Bombay Foto: iStock
Jakarta -

Bawang bombay banyak digunakan sebagai bumbu dalam berbagai masakan. Ternyata selain memberikan rasa yang lezat, bawang bombay juga memiliki manfaat yang menyehatkan bagi tubuh.

Bawang bombay merupakan keluarga bawang-bawangan yang mengandung karbohidrat yang cukup tinggi. Bahkan dalam 100 gram bawang bombay terkandung 9,3 gram karbohidrat.

Bawang bombay juga mengandung nutrisi lainnya dengan sangat baik. Salah satunya kandungan kalsium dalam 100 gram bawang bombay terdapat sebanyak 23 miligram. Tentunya ini sangat baik untuk bagi kesehatan tulang.

Bawang bombay sendiri sangat mudah digunakan dan bisa ditambahkan dalam berbagai jenis masakan. Konsumsi bawang bombay secara rutin ternyata juga memberikan banyak manfaat bagi tubuh.

Berikut ini ada 7 manfaat sehat yang didapatkan dengan konsumsi bawang bombay secara rutin:

7 Manfaat Sehat Rutin Konsumsi Bawang Bombay7 Manfaat Sehat Rutin Konsumsi Bawang Bombay Foto: iStock

1. Meningkatkan Kepadatan Tulang

Beberapa penelitian telah dilakukan pada bawang bombay menemukan bahwa konsumsi bawang bombay dapat memberikan efek positif terhadap tubuh. Terutama untuk kesehatan tulang.

Salah satunya bawang bombay terbukti dapat meningkatkan kepadatan tulang. Jika dibandingkan, orang yang konsumsi setidaknya satu buah bawang bombay dalam sehari selama satu bulan terbukti mengalami peningkatan kepadatan tulang sebesar 5%.

2. Mengurangi Kolesterol

Bawang bombay memiliki kandungan anti inflamasi yang baik. Kandungan tersebut membuat bawang bombay dapat mengurangi kolesterol buruk dalam tubuh.

Tingkat kolesterol yang rendah akan berdampak pada menurunnya risiko penyakit kardiovaskular. Dengan begitu hal ini akan berdampak juga pada jantung yang lebih sehat.

Baca Juga: 5 Fakta Bawang Bombai yang Kini Lebih Mahal dari Daging Sapi

3. Memperlancar Pencernaan

7 Manfaat Sehat Rutin Konsumsi Bawang Bombay7 Manfaat Sehat Rutin Konsumsi Bawang Bombay Foto: iStock

Bawang bombay mengandung banyak serat. Kecukupan serat dalam bawang bombay ini dapat mempercepat pencernaan dan penyerapan zat makanan di dalam tubuh.

Bawang bombay juga memiliki kemampuan untuk meningkatkan produksi bakteri baik dalam usus. Meningkatnya bakteri baik tersebut akan membantu proses pencernaan menjadi lebih mudah dan lancar.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Ngopi dan Ngemil Sehat ala Growell Coffee Senopati"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com