Rasanya Enak, Ini 8 Manfaat Sehat Konsumsi Bawang Bombay

Shara Azzhara - detikFood Kamis, 02 Mei 2019 10:20 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Menambahkan bawang bombay ke dalam masakan memberi cita rasa manis dan gurih yang enak. Konsumsi bawang renyah ini ternyata juga punya banyak manfaat sehat.

Bawang bombay memang mampu memberikan cita rasa khas pada masakan. Tidak heran, bahan makanan ini selalu tersedia di dapur restoran maupun rumah. Terlebih saat ditumis, bawang bombay mengeluarkan aroma yang sangat menggugah selera.

Tidak hanya digemari karena rasanya, ternyata bawang bombay juga menyimpan segudang manfaat. Nutrisi yang terkandung di dalamnya dapat memberikan kebaikan bagi tubuh. Berikut 8 manfaat sehat konsumsi bawang bombay seperti dikutip dari Shared (1/5).

Baca juga: Temukan Bawang Bombay Pada Burger, Pria Ini Telepon Polisi

1. Meningkatkan sistem imun
Meningkatan sistem imun atau kekebalan tubuh tentunya dapat diperoleh dengan konsumsi suplemen. Namun asupan suplemen memungkinkan timbulnya efek samping. Sebagai alternatif yang lebih alami, konsumsilah bawang bombay sebagai pelengkap porsi makan Anda. Bawang bombay mengandung zat anti-viral dan vitamin C yang mampu menjaga daya tahan tubuh.

Rasanya Enak, Ini 8 Manfaat Sehat Konsumsi Bawang BombayFoto: iStock

2. Mengontrol kadar gula darah
Tingginya gula darah dapat menyebabkan timbulnya berbagai penyakit komplikasi. Tentunya mencari makanan yang baik bagi penderita gula darah cukup sulit karena asupan nutrisi yang harus diperhatikan. Ternyata, konsumsi bawang bombay dapat menurunkan tingkat glukosa dalam darah bahkan menurunkan kolesterol jahat jika dibarengi dengan pengobatan antidiabet. Jika Anda sedang dalam pengobatan diabetes, konsultasikanlah jumlah konsumsi bawang bombay yang dianjurkan oleh dokter. Anda juga dapat menambahkan bawang bombay pada makanan untuk membantu pencegahan gula darah tinggi.

3. Memenuhi nutrisi
Bawang bombay dapat dijadikan sebagai asupan multi vitamin karena nutrisinya yang lengkap. Ditambah lagi, bawang bombay mengandung kalori yang rendah dan sangat cocok untuk menjaga kesehatan. Kandungan vitamin yang terkandung dalam bawang bombay adalah vitamin C, B6, B9 dan potasium yang memberikan banyak manfaat berupa mempercepat proses penyembuhan penyakit, meningkatkan daya tahan, membantu penyerapan zat besi, dan berbagai manfaat lainnya.

4. Melindungi jantung
Bawang bombay kaya akan zat anti inflamasi yang dapat mencegah tekanan darah tinggi dan penggumpalan darah. Ditambah lagi zat antioksidan dalam bawang bombay dapat mencegah menumpuknya kolesterol jahat dan mencegah timbulnya penyakit jantung.

Rasanya Enak, Ini 8 Manfaat Sehat Konsumsi Bawang BombayFoto: Istimewa

Baca juga: Beraroma Tajam, Bawang Putih Justru Berkhasiat Sehatkan Pencernaan Dan Perkuat Memori

5. Berpotensi melawan kanker
Bawang bombay merupakan kelompok tumbuhan gen Allium yang dipercaya berpengaruh dalam melawan beberapa jenis kanker perut dan sistem keloid. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengkonsumsi tumbuhan Allium dengan jumlah yang cukup terhindar dari kanker jenis tersebut sebanyak 22%. Hal ini diperoleh karena kandungan sulfur dan flavonoid dalam bawang bombay. Bawang juga mengandung onionin A yang mengandung sulfur dan mampu mencegah pertumbuhan tumor dan menekan penyebaran sel kanker paru-paru.

6. Menjaga kesehatan pencernaan
Kesehatan usus dan saluran pencernaan merupakan hal yang sangat penting bagi tubuh. Karenanya, mengonsumsi bawang bombay sangat dianjurkan. Bawang bombay memiliki kandungan prebiotik dan serat yang dapat menunjang kinerja bakteri baik dalam usus. Kandungan tersebut memenuhi kebutuhan asam lemak tubuh dan memaksimalkan kesehatan pencernaan.

Rasanya Enak, Ini 8 Manfaat Sehat Konsumsi Bawang BombayFoto: iStock

7. Kaya antioksidan
Antioksidan sangat penting untuk mencegah kerusakan sel tubuh akibat oksidasi dan beresiko kepada penyakit mematikan lainnya. Bawang bombay mengandung 25 jenis antioksidan flavonoid yang secara keseluruhan mampu meningkatkan kesehatan tubuh. Secara spesifik, bawang bombay berwarna merah atau ungu bahkan mengandung anthocyanins yang dapat menurunkan resiko penyakit jantung.

8. Meningkatkan massa tulang
Untuk kesehatan dan nutrisi tulang, biasanya orang mengandalkan produk olahan susu. Namun ternyata bawang bombay juga bermanfaat dalam meningkatkan kesehatan dan kekuatan tulang.

Baca juga: Kalau Mau Panjang Umur, Coba Rutin Konsumsi 10 Makanan Ini!

(adr/adr)